Rauhanda Riyantama
Selebrasi Youssef En-Nesyri usai cetak gol saat Maroko kalahkan Portugal 1-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Di balik kesuksesan Maroko melaju ke semifinal Piala Dunia 2022, deretan negara Afrika punya catatan tersendiri soal mengalahkan wakil Eropa di ajang ini.

Keberhasilan Maroko melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 tak lepas dari kemenangan atas Portugal di babak perempat final dengan skor 1-0.

Sejarah kembali mencatat negara Afrika mampu membuat wakil Eropa keok di Piala Dunia, bukan suatu hal yang asing mengingat ada rekor yang terjaga.

Baca Juga:
Sejumlah Pemain Dipanggil ke TC Timnas Indonesia, Dua Pelatih Ini Tak Gusar

Setidaknya ada lima negara Afrika yang doyan mengalahkan wakil Eropa saat berlaga di Piala Dunia, termasuk kini di Qatar edisi 2022.

Lantas tim mana yang paling sering mengalahkan wakil Eropa di Piala Dunia? berikut ini deretan negara Afrika yang mampu mencatatkan rekor tersendiri.

1. Nigeria

Baca Juga:
Unggah Momen TC Timnas Indonesia, Jordi Amat: Tidak Ada yang Bilang Itu Mudah

Jersey Nigeria. (Sumber: irishtimes.com)

Hingga saat ini Nigeria menjadi salah satu negara Afrika yang paling sering mengalahkan wakil Eropa di Piala Dunia sepanjang riwayat bermain di ajang ini.

Catatan 6 kemenangan dari 21 pertandingan, Bulgaria menjadi negara yang dua kali ditaklukkan Nigeria, selain itu adapula Yunani, Spanyol, Bosnia Herzegovina dan Islandia.

2. Maroko

Baca Juga:
Sundulan Youssef En-Nesyri Kalahkan Rekor Ronaldo, Catat Sejarah Baru di Dunia Sepak Bola

Lima kemenangan Maroko di Piala Dunia dicatatkan saat berjumpa wakil Eropa, terbaru Portugal di perempat final Piala Dunia 2022.

Portugal bukan kali ini saja takluk dari Maroko, di Piala Dunia 1986 Meksiko hal ini pernah terjadi dan bahkan kalah dengan skor 1-3.

3. Senegal

Baca Juga:
Link Live Streaming Bhayangkara FC vs PSM Makassar di Liga 1, Kick Off 15.15 WIB

Aksi Memphis Depay saat Belanda kalahkan Senegal 2-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Senegal baru tampil dalam 3 edisi Piala Dunia berbeda, namun sudah mencatatkan lima kemenangan dan tiga di antaranya ditorehkan melawan wakil Eropa.

Debut di Piala Dunia 2002, Senegal sukses mengalahkan Prancis di fase grup dengan skor tipis 1-0, disusul Swedia di ajang yang sama dan Polandia di Piala Dunia 2018.

4. Afrika Selatan

Afrika Selatan sudah tiga kali berlaga di Piala Dunia, sempat meraih dua kemenangan atas Slovenia dan Prancis di edisi 2010.

Namun sejak saat itu, Afrika Selatan belum lagi berlaga di Piala Dunia setelah menjadi tuan rumah lebih dari satu dekade lalu.

5. Ghana

Gelandang Ghana Mohammed Kudus melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga timnya dalam pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 lawan Korea Selatan di Education City Stadium, Doha pada 28 November 2022. ANTARA/AFP/KHALED DESOUKI

Wakil Eropa pertama yang dikalahkan Ghana di Piala Dunia adalah Republik Ceko, tepatnya di Piala Dunia 2006 Jerman.

Kemudian di 2010, Ghana memetik kemenangan atas Serbia lewat gol semata wayang Asamoah Gyan dalam laga yang berakhir dengan skor 1-0.

Kontributor: Eko
Load More