Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Timnas Prancis usai lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Semifinal Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Ada duel Argentina vs Kroasia dan Prancis vs Maroko dalam perebutan tiket final.

Babak empat besar Piala Dunia 2022 menciptakan sederet fakta menarik. Salah satunya, pertandingan Argentina dengan runner up Piala Dunia 2018, Kroasia.

Lalu ada pertemuan sang juara bertahan Prancis dengan tim penuh kejutan Maroko. Kedua tim akan adu gengsi demi tiket ke partai puncak Piala Dunia 2022.

Laga Argentina vs Kroasia digelar di Stadion Lusail, Qatar, Rabu (13/12/2022) pukul 22.00 WIB. Sedangkan duel Prancis vs Maroko berlangsung di Stadion Al-Bayt, Kamis (14/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Berikut fakta-fakta seputar semifinal Piala Dunia 2022:

1. Pertama, Piala Dunia 2022 merupakan Piala Dunia terakhir untuk Cristiano Ronaldo. Sang mega bintang yang memperkuat timnas Portugal tersebut berambisi mengangkat trofi ini, namun langkahnya harus digagalkan oleh kekalahan Portugal oleh Maroko.
2. Kedua, badai cedera setelah mencetak sejarah. Hal ini terjadi pada timnas Maroko, yang secara mengejutkan berhasil melangkah sampai ke semifinal. Namun demikian cukup banyak pemain yang mengalami cedera, yang tentu harus jadi perhatian utama sang pelatih jika ingin terus berjuang.
3. Ketiga, gawang Maroko belum pernah kebobolan. Berkat lini belakang yang solid dan penampilan kiper Yassine Bounou yang impresif, gawang tim ini belum kebobolan oleh lawan. Hanya sekali saat melawan Kanada, itupun terjadi akibat gol bunuh diri.
4. Keempat, negara Afrika pertama yang masuk ke semifinal. Masih dari timnas Maroko, tim ini menjadi negara pertama yang menginjakkan kaki di fase semifinal gelaran Piala Dunia. Sebelumnya Kamerun, Senegal, dan Ghana pernah merasakan sensasi delapan besar, namun tahun ini Maroko berhasil menginjakkan kaki di fase semifinal.
5. Kelima, gugurnya tim-tim besar. Sejak fase grup, tidak sedikit tim dengan nama besar yang terpaksa berhenti langkahnya. Sebut saja Jerman, tim yang terkenal solid dan kuat, gagal melangkah ke fase gugur. Kemudian Portugal, Belanda, Inggris, dan masih banyak lagi tim yang lain.

(Suara.com/I Made Rendika Ardian)

Load More