Muhammad Ilham Baktora
Penampakan Bola Al Hilm pengganti Al Rihla yang akan digunakan saat semifinal Piala Dunia 2022. (Twitter/@roadto2022es)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 memasuki babak semifinal setelah pertarungan di 16 besar hingga perempat final selesai dengan berbagai dramanya. FIFA mengenalkan sesuatu yang baru dalam laga yang akan dimulai pada 14 Desember 2022 nanti. Bola baru yang diberi nama Al Hilm menggantikan Al Rihla yang dipakai selama 3 pekan belakangan.

Untuk diketahui, bola Al Rihla sendiri dikenalkan sebelum Piala Dunia 2022 diresmikan pada 20 November lalu. Bola yang diproduksi dari Indonesia ini disematkan sistem canggih untuk membantu wasit dalam memutuskan gol atau kekeliuran yang tak mampu dilihat oleh mata manusia.

Tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Al Hilm yang memiliki arti 'Mimpi' diperkenalkan oleh sponsor apprel Piala Dunia 2022, Adidas pada Minggu (11/12/2022).

Baca Juga:
Tanggapan Bos Persis Solo tentang Kekalahan Timnya atas Arema: Kalau Kamu Menang, Liga Berhenti Lagi

Potret Bola Al Hilm yang akan digunakan saat semifinal hingga final Piala Dunia 2022. (Twitter/@@roadto2022es)

Disematkan dengan sistem yang sama dengan kecanggihan teknologi 'Connected Ball', bola ini akan membantu ofisial membuat keputusan yang cepat, seperti saat mengesahkan gol Jepang ke gawang Spanyol di babak fase grup. Termasuk juga memastikan gol milik Bruno Fernandes yang diklaim adalah milik Cristiano Ronaldo.

Sensor gerak Adidas Suspension System yang mampu membaca kecepatan 500 kali per detik ini akan mengirim pergerakan bola yang akurat. Data ini digunakan oleh Vide Assistan Referees (VAR) untuk membuat hasil analisa cepat yang membantu wasit mengambil keputusan.

Bedanya dari Al Rihla, bola Al Hilm terletak pada warna dasar emas. Desain sendiri mengambil inspirasi dari pada pasir yang mengelilingi Kota Doha, warna Piala Dunia dan pola Bendera Qatar.

Baca Juga:
2 Pemain Vietnam Dilarikan ke Rumah Sakit Jelang Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Untung?

Load More