Rauhanda Riyantama
Pelatih Maroko, Walid Regragui berhasil antar ke semifinal Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Walid Regragui menjadi sosok sensasional setelah berhasil mengantarkan Timnas Maroko ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Tim berjuluk The Atlas Lion ini mengalahkan Portugal 1-0 di babak perempat final lewat gol Youssef En-Nesyri pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

Hal ini menjadikan Maroko sebagai wakil Afrika pertama yang akan tampil di semifinal Piala Dunia, sekaligus makin menyempurnakan torehan impresif Maroko sejak babak penyisihan grup.

Baca Juga:
4 Penyebab Portugal Disingkirkan Maroko di Perempat Final Piala Dunia 2022

Di babak semifinal, Maroko sudah ditunggu lawan tangguh lainnya, yakni sang juara bertahan Prancis pada Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB. Sebelumnya Les Blues lolos ke semifinal usai taklukkan Inggris 2-1.

Lantas, siapa sebetulnya Walid Regragui ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Walid Regragui

Baca Juga:
4 Penyebab Inggris Tumbang Lawan Prancis pada Perempat Final Piala Dunia 2022

Sosok dengan nama lengkap Hoalid Regragui ini lebih akrab disapa Walid Regragui. Ia lahir di kota Corbeil-Essonnes, Prancis, pada 23 September 1975.

Seperti diketahui, memang banyak pemain-pemain dan sosok sepak bola dari Maroko yang lahir di luar negeri atau merupakan pemain keturunan.

Walid Regragui sendiri merupakan eks pemain Maroko yang dulu berposisi sebagai bek kanan dan banyak menghabiskan karier di Prancis.

Baca Juga:
3 Raksasa Eropa yang Jadi Korban Keganasan Maroko di Piala Dunia 2022, Salah Satunya Mantan Juara

Tapi, karier profesionalnya tak terlalu panjang. Ia pertama kali bergabung dengan Racing Paris pada 1998, setelah itu berpindah-pindah klub.

Mulai dari Toulouse, Ajaccio, Racing Santander, Dijon, Grenoble, hingga mengakhiri karier di klub Maroko, Moghreb Tetouan pada 2009.

Selama berkarier sebagai pemain, prestasi terbaik Walid Regragui adalah menjuarai Divisi Kedua Liga Prancis bersama Ajaccio dan runner-up Piala Afrika 2004.

Baca Juga:
Sebut Laga Prancis vs Inggris Terbaik sepanjang Piala Dunia 2022, Mantan Pemain Jerman Ini malah Banjir Sindiran

Setelah pensiun, Walid Regragui baru memulai karier sebagai pelatih pada 2014 saat menukangi klub asal Maroko, Fath Union Sport (FUS).

Selama lima musim di sana, Walid Regragui meraih gelar Liga Maroko dan Piala Maroko. Setelah itu, ia pindah ke klub Qatar Al Duhail dan meraih gelar Liga Qatar di sana.

Pada musim 2021/22. Walid kembali ke Maroko dengan menangani Wydad AC. Ia kembali meraih sukses dengan memberikan gelar Liga Maroko dan Liga Champions Afrika.

Dengan segala torehan cemerlang itu, Walid Regragui ditunjuk sebagai pelatih Timnas Maroko pada Agustus 2022 untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Vahid Halilhodzic.

Sempat mendapat kritik dan dijuluki 'Kepala Alpukat', Walid Regragui memberi bukti dengan mengantarkan Maroko ke semifinal Piala Dunia 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More