Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Timnas Prancis usai lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Kemenangan yang diraih timnas Prancis atas Inggris pada babak perempat final Piala Dunia 2022 turut menciptakan sejumlah rekor baru.

Rekor baru yang diciptakan Prancis ini didapat setelah Les Bleus berhasil menumbangkan Inggris untuk melaju ke fase semifinal Piala Dunia 2022.

Pertandingan Inggris vs Prancis yang digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB, itu berakhir dengan skor 2-1 lewat gol Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud.

Baca Juga:
4 Penyebab Portugal Disingkirkan Maroko di Perempat Final Piala Dunia 2022

Sementara satu gol Inggris dicetak oleh Harry Kane dari titik penalti.  Namun  satu peluang lagi Harry Kane dari titik penalti gagal membuahkan hasil.

Dengan kemenangan ini, Prancis sukses membukukan prestasi tersendiri setelah resmi mengantongi tiket ke fase semifinal Piala Dunia 2022.

Sebab, mereka kini berstatus sebagai tim juara bertahan yang berhasil kembali menembus fase semifinal pada Piala Dunia edisi berikutnya.

Baca Juga:
4 Penyebab Inggris Tumbang Lawan Prancis pada Perempat Final Piala Dunia 2022

Pada Piala Dunia 2018, Les Bleus memang sukses merengkuh gelar juara. Pada edisi berikutnya, mereka berhasil melaju hingga fase delapan besar Piala Dunia 2022.

Keberhasilan ini seperti mengulangi pencapaian yang ditorehkan Brasil pada Piala Dunia 1998 alias 24 tahun yang lalu.

Pasalnya, ketika itu Brasil yang sukses menjuarai ajang Piala Dunia 1994 yang berlangsung di Amerika Serikat, sukses menembus fase empat besar pada Piala Dunia 1998.

Baca Juga:
3 Raksasa Eropa yang Jadi Korban Keganasan Maroko di Piala Dunia 2022, Salah Satunya Mantan Juara

Bahkan, ketika itu, Negeri Samba juga berhasil melaju ke partai final dua kali berturut-turut seusai menumbangkan Belanda di fase semifinal via adu penalti.

Pada pertandingan itu, kedua tim sempat bermain imbang 1-1 selama waktu normal dan tambahan waktu. Namun, dalam drama adu tos-tosan, Negeri Samba menang 4-2 atas Belanda.

Akan tetapi, Brasil harus bertekuk lutut ketika berjumpa Prancis di partai final. Les Bleus yang saat ini berstatus sebagai tuan rumah sukses menang 3-0 pada laga puncak.

Baca Juga:
Sebut Laga Prancis vs Inggris Terbaik sepanjang Piala Dunia 2022, Mantan Pemain Jerman Ini malah Banjir Sindiran

Dengan demikian, timnas Prancis yang kini diperkuat oleh Kylian Mbappe dan kawan-kawan berpeluang untuk mengulangi pencapaian Brasil pada edisi 1998.

Syaratnya, mereka harus bisa menumbangkan perlawanan Maroko pada babak semifinal Piala Dunia 2022.

Menurut jadwal, duel semifinal antara Prancis vs Maroko akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Apabila Les Bleus sukses menang melawan Maroko, maka mereka akan berjumpa pemenang antara Argentina kontra Kroasia pada babak semifinal lainnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More