Husna Rahmayunita
Para pemain Belanda merayakan gol ke gawang Argentina saat perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022). (Twitter/@btsportfootball)

Bolatimes.com - Duel akbar di perempat final Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Argentina berlangsung di Lusail Stadium, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Belanda keok dari Argentina.

Belanda dibuat takluk oleh Argentina lewat adu penalti 4-2 setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit. Pertandingan yang berlangsung alot memaksa de Oranje angkat koper.

Di atas kertas, Argentina diunggulkan karena punya skuad yang dinilai lebih mumpuni daripada Belanda. Namun, Belanda membuktikan mereka bisa tampil konsisten dan melangkah sejauh ini.

Duel panas pun terjadi, Lionel Messi dan kawan-kawan menunjukkan dominansinya saat menghadapi Belanda. Pertandingan kedua tim raksasa di babak perempat final Piala Dunia 2022 sempat diwarnai keributan dan hujan kartu kuning.

Lantas, fakta menarik apa saja yang ada di antara duel Belanda vs Argentina ini? Berikut ulasannya!

1. Duel Virgil van Dijk vs Lionel Messi

Salah satu hal menarik di laga Belanda vs Argentina adalah duel antara Van Dijk dengan Messi. Kedua pemain nantinya sama-sama menjabat kapten dan bakal saling berduel di lapangan karena satu pemain adalah penyerang dan lainnya bek.

Jika berkaca dari dua pertemuan sebelumnya, kans Van Dijk untuk bisa mengantongi Messi sangat terbuka. Van Dijk dan Messi pernah dua kali bentrok di level klub dalam duel Barcelona versus Liverpool pada ajang Liga Champions 2018/2019.

Pada pertemuan pertama, Barcelona yang dibela Messi meraih kemenangan. Namun, di pertemuan kedua di Anfield, Messi tak berkutik menghadapi Van Dijk.

2. Sudah Jadi Rivalitas Klasik

Di Piala Dunia, pertemuan antara Belanda dan Argentina sudah termasuk kedalam kategori rivalitas klasik.. Tercatat, Oranje dan La Albiceleste sudah bertemu sebanyak lima kali di Piala Dunia.

Dua di antaranya bahkan terjadi di babak semifinal yaitu pada edisi 1978 dan 2014. Di pertemuan terakhir, Argentina menang melalui adu penalti.

Namun secara keseluruhan, Belanda unggul dari segi rekor pertemuan dari Argentina. Dari total 9 pertemuan, Belanda meraih 4 kemenangan, 2 kali imbang, dan 3 kali kalah.

3. Louis Van Gaal Out

Louis van Gaal memang dianggap mampu lebih hebat di Belanda. Ini dibuktikan dengan catatan Van Gaal belum merasakan kekalahan dalam 11 pertandingan terakhirnya sebagai pelatih di Piala Dunia.

Persentase kemenangannya juga besar, karena hanya ditahan imbang tiga kali. Jika tidak kalah dari Argentina dini hari nanti, Van Gaal bisa sejajar dengan Luiz Felipe Scolari yang tak terkalahkan dalam 12 laga sebagai pelatih di Piala Dunia.

Namun, kiprah pelatih kawakan itu bersama De Oranje harus terhenti menyusul kekalahan tim saat menghadapi Argentina. Ia memutuskan mundur usai gagal membawa Belanda bersinar di Piala Dunia 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More