Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, di Olimpiade. (Jung Yeon-je/AFP)

Bolatimes.com - Paulo Bento mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Korea Selatan. Keputusan ini diambil setelah Taeguk Warrior disingkirkan Brasil di 16 besar Piala Dunia 2022.

Korea Selatan hancur lebur dikalahkan Selecao dengan skor 4-1 di Stadion 974, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Laga ini nyatanya sekaligus menjadi pertandingan terakhir Bento sebagai nakhoda Korea Selatan.

"Mulai sekarang, kita hanya harus memikirkan masa depan dan itu tidak akan bersama tim nasional Korea Selatan," kata Bento usai pertandingan, seperti dikutip dari Sky Sport.

"Saya baru saja mengumumkan kepada para pemain dan presiden federasi Korea Selatan dan ini adalah keputusan yang sudah saya ambil sejak September yang sudah ditetapkan," kata pelatih berusia 53 tahun itu.

Untuk mengisi kekosongan kursi pelatih Korea Selatan, sejumlah nama muncul sebagai kandidat. Siapa saja mereka yang berpotensi menjadi pengganti Paulo Bento?

1. Kim Hak-bum

Sosok berusia 62 tahun ini merupakan salah satu pelatih senior di Korea Selatan. Ia sudah menjadi pelatih sejak 1992 dan terakhir kali menjabat sebagai pelatih Korea Selatan U-23.

Prestasi yang diberikan Hak-bum juga tak main-main. Ia mengantarkan Korea Selatan U-23 meraih medali emas Asian Games 2018 dan juara Piala Asia U-23 2020.

Tak cuma itu, Kim Hak-bun juga mampu membawa Korea Selatan U-23 menembus perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Torehan ini jelas bisa menjadi pertimbangan untuk menunjuknya menjadi pelatih timnas senior Korea Selatan.

2. Choi Yong-soo

Yong-soo merupakan eks pesepakbola Korea Selatan yang berkarier dari 1994 hingga 2006. Ia juga mengantongi 69 caps buat Timnas Korea Selatan.

Ia baru memulai karier kepelatihan pada 2011 dengan menjadi pelatih FC Seoul. Setelah sukses membawa FC Seoul mejuarai Liga Korea dan Piala FA Korea, ia sempat melatih tim China, Jiangsu Suning. Saat ini, Choi Yong-soo sedang menukangi Gangwon FC.

3. Kim Ki-dong

Pelatih berusia 50 tahun tersebut merupakan mantan asisten Shin Tae-yong di Timnas senior dan U-23 Korea Selatan dari periode 2015-2016.

Setelah bertugas dari skuad Korea Selatan, Ki-dong menjadi pelatih tim junior Pohang Steelers selama 2016-19. Ia lalu ditunjuk menjadi pelatih tim utama hingga sekarang.

Diketahui bahwa kontrak Kim Ki-dong akan habis pad Desember 2022, sehingga ia berpotensi menjadi pengganti Paulo Bento di kursi pelatih Korea Selatan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More