Muhammad Ilham Baktora
Penyerang Timnas Portugal, Goncalo Ramos merayakan selebrasi usai mencetak gol ke gawang lawan. (Instagram/@goncaloramos88)

Bolatimes.com - Satu pemain Timnas Portugal menjadi sorotan publik atas aksinya ketika mencukur habis Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) pukul 02.00 WIB. Goncalo Ramos berhasil hattrick untuk kemenangan Portugal hingga melaju ke perempat final.

Goncalo Ramos yang bermain untuk Benfica ini mencatatkan namanya di papan skor pada menit 17', 51', 67'. Nyaris semua golnya merupakan assist dari Joao Felix.

Profil Goncalo Ramos

Baca Juga:
Hadapi Prancis di Perempat Final Piala Dunia 2022, Pelatih Inggris Tantang Harry Kane cs Catat Sejarah Baru

Mengenal sosok Goncalo Ramos, namanya memang cukup asing di telinga orang. Pemain 21 tahun ini baru melakukan debut di timnas senior ketika ditukangi Fernando Santos pada Piala Dunia 2022.

Ramos sapaannya merupakan kelahiran Olhao, Portugal pada 20 Juni. Berseragam Benfica, Ramos berkali-kali dipercaya menjadi pemain di kelompok umur Timnas Portugal.

Performanya yang cukup konsisten akhirnya membuat tertarik Fernando Santos merekrut dia ke timnas senior pada November 2022 lalu. Ramos sudah berkontribusi di Timnas Portugal dari usia 17-21 tahun.

Baca Juga:
Profil Yassine Bounou, Kiper Maroko yang Berhasil Gagalkan Penalti Spanyol hingga Bawa Timnya ke Perempat Final

Dipanggil untuk mengisi skuad Timnas Senior, Ramos hanya dimainkan selama 2 menit saat laga perdana Portugal vs Ghana di fase grup Piala Dunia 2022.

Pemain Benfica yang juga membela Timnas Portugal, Goncalo Ramos saat berebut bola dengan lawan. (Instgram/@goncaloramos88)

Fernando Santos kembali menambah jam terbangnya ketika A Selecao bertanding dengan Uruguay masih di fase grup kompetisi yang sama.

Namun saat kekalahan Portugal dari Korea Selatan dengan skor 2-1, Goncalo Ramos hanya didudukkan di bangku cadangan.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Maroko Menang Adu Penalti 3-0, Impian Spanyol ke Perempat Final Pupus

Bertarung menghadapi Swiss, Fernando Santos cukup berani menempatkan Ramos di starting line menggantikan Cristiano Ronaldo. Nyatanya, hal itu tak buruk-buruk amat, Ramos berhasil membuka gol pertama hingga hattrick.

Penampilannya di level Timnas Portugal tercatat sebanyak 3 kali. Dari catatan tersebut, Ramos mengoleksi 3 gol dan juga 1 assist.

Kemenangan Portugal mengantarkan A Selecao ke perempat final. Nantinya mereka akan menghadapi Maroko yang lebih dulu dinyatakan lolos ketika mengalahkan Spanyol lewat adu penalti dengan skor 3-0.

Pertandingan dijadwalkan pada Sabtu (10/12/2022) pukul 22.00 WIB

Load More