Husna Rahmayunita
Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu memberikan pujian kepada kiper Kroasia Dominik Livakovic usai skuadnya kalah di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Jepang tersingkir usai kalah 1-3 (1-1) dari Kroasia, Selasa (5/12/2022) malam. Kekalahan ini, membuat Tim Samurai Biru gagal melaju ke perempat final.

Menurut Hajime Moriyasu, Kroasia tak hanya menang beruntung tapi juga tentu ada faktor latihan keras di balik itu.

"Saya pikir ini keberuntungan, tapi juga latihan. Keduanya. Dalam hal mencapai target masih ada jarak antara tim-tim top Eropa dan Jepang," kata dia dikutip dari Guardian.

Hajime Moriyasu memuji Kiper Kroasia Dominik Livakovic yang dengan jerih payah menangkis bola tendangan skuad Timnas Jepang.

"Kiper Kroasia luar biasa hari ini, tetapi para pemain Jepang juga harus lebih baik dalam adu penalti. Ini adalah hal lain yang perlu kami tingkatkan untuk masa depan,"

Jepang tersingkir dari Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Kroasia lewat adu penalti 3-1. Namun Jepang bangga dengan capaiannya selama Piala Dunia 2022.

Hajime Moriyasu merasa timnya bisa bangga mengalahkan Spanyol dan Jerman. Ini membuktikan bahwa mereka termasuk dalam tim elite di Piala Dunia.

"Kami tidak dapat melakukan semuanya sekaligus. Kita tidak bisa menjadi pahlawan super sekaligus. Kami perlu meningkat selangkah demi selangkah tetapi tidak ada keraguan bahwa Jepang mencapai level di mana kami dapat bermain di panggung dunia dan para pemain individu juga telah berkembang,” kata Hajime Moriyasu.

Di babak perempat final Piala Dunia 2022, Kroasia akan bersua Brasil yang berhasil mengalahkan Korea Selatan. 

(Suara.com/Pebriansyah A.)

Load More