Irwan Febri Rialdi
Para pemain Timnas Brasil melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. (Twitter/@FOXSoccer)

Bolatimes.com - Daftar tim yang sudah resmi mengamankan tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2022 akhirnya bertambah. Yang terbaru, ada Kroasia dan Brasil yang sukses melanjutkan langkahnya.

Keberhasilan Brasil mengamankan tiket ke fase perempat final Piala Dunia 2022 didapat setelah mereka berhasil menggulung Korea Selatan pada babak 16 besar.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion 974, Selasa (6/12/2022) itu, Negeri Samba sukses menang telak dengan skor 4-1.

Empat gol Brasil pada pertandingan ini semuanya dicetak pada babak pertama dan disumbangkan oleh Vinicius Junior (7’), Neymar (13’, penalti), Richarlison (29’), dan Lucas Paqueta (36’). 

Sementara itu, satu-satunya gol balasan yang mampu dibukukan oleh Taeguk Warriors dilesakkan oleh Paik Seung-ho pada menit ke-76’.

Adapun keberhasilan Kroasia memastikan langkah ke fase perempat final Piala Dunia 2022 diperoleh via adu penalti kontra Jepang pada babak 16 besar.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Senin (5/12/2022) itu, Kroasia dan Jepang sempat bermain imbang 1-1 selama waktu normal plus tambahan waktu.

Namun, pada babak adu penalti, Kroasia sukses membungkam perlawanan Negeri Samurai dengan skor 3-1. Hasil ini membawa mereka ke babak 8 besar.

Sebelum dua kontestan ini, sudah ada empat negara yang sukses melaju ke fase perempat final Piala Dunia 2022. 

Mereka adalah Belanda, Argentina, Prancis, dan Inggris. Belanda sebelumnya berhasil membungkan perlawanan Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Selanjutnya, ada Argentina yang mampu meredam permainan Australia dengan skor tipis 2-1. Prancis sukses menang telak atas Polandia 3-1, dan Inggris menghentikan langkah Senegal setelah unggul 3-0.

Sementara itu, dua slot tersisa dari fase delapan besar Piala Dunia 2022 masih akan diperebutkan oleh dua tim yang akan berjumpa di babak 16 besar.

Laga tersebut mempertemukan antara Maroko vs Spanyol dan Portugal vs Swiss. Tim-tim penenang dari masing-masing laga ini akan berjumpa pada babak perempat final Piala Dunia 2022.

Daftar 6 Tim yang Sudah Lolos ke Babak Perempat Final Piala Dunia 2022

1. Belanda

2. Argentina

3. Prancis

4. Kroasia

5. Inggris

6. Brasil

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More