Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Malaysia, Safawi Rasid. [KAMARUL AKHIR / AFP]

Bolatimes.com - Pemain bintang timnas Malaysia, Safawi Rasid, telah resmi dilepas Johor Darul Takzim (JDT) dengan status pinjaman menuju klub Thai League 1, Ratchaburi FC.

Pengumuman soal peminjaman Safari Rasid ke Ratchaburi FC ini disampaikan langsung oleh Direktur Teknik (Dirtek) JDT, Hector Bidoglio, pada Minggu (4/11/2022).

Selain Safawi Rasid, Johor Darul Takzim juga melepas satu pemain lainnya ke klub yang sama, yakni Moussa Sidibe, juga dengan status peminjaman.

“Johor Darul Takzim FC (JDT) telah mencapai kesepakatan dengan klub Thai League 1, Ratchaburi FC, untuk meminjamkan Safawi Rasid dan Moussa Sidibe,” kata Hector Bidoglio melalui pernyataan resmi klub, Minggu (4/11/2022).

“Skuad Harimau Selatan berharap untuk dua pemain kami ini agar mencapai kesuksesan di musim depan bersama klub tersebut,” lanjutnya.

Profil Ratchaburi FC

Ratchaburi FC merupakan klub sepak bola elite Thailand yang berbasis di Provinsi Ratchaburi. Klub ini baru dibentuk pada tahun 2004 dan secara resmi mengikuti kompetisi kasta kedua Liga Thailand pada 2006.

Pada musim pertamanya, Ratchaburi FC langsung berhasil merebut gelar juara Liga Divisi Kedua Thailand. Dengan demikian, mereka berhak promosi ke kasta tertinggi.

Ratchaburi FC memang hanya bisa mengakhiri persaingan di peringkat ketujuh klasemen dan membuat mereka terdegradasi ke kasta kedua.

Setelah Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) merombak ulang sistem kompetisi pada 2009, Ratchaburi akhirnya melanjutkan partisipasinya di Thai League Division 2.

Setelah berjuang di kompetisi kasta kedua dan ketiga, Ratchaburi FC akhirnya kembali promosi ke kasta tertinggi pada 2013. Saat itu, mereka sukses menjuarai Thai Premier League 2013.

Sejak dibentuk pada 2004, Ratchaburi FC tercatat sudah pernah menjuarai Thai Division 1 League 2012, Regional League Division 2 2011, dan Regional League Central-East Division 2011.

Selain itu pula ada dua gelar Piala Liga atau League Cup pada 2012 dan 2013, serta satu trofi FA Cup pada 2016.

Pada musim lalu, Ratchaburi FC sukses mengakhiri persaingan di peringkat ketiga klasemen akhir dengan koleksi 53 poin dari 30 laga. 

Mereka tercatat kalah perolehan dari Buriram United yang menjadi juara (62 poin) dan BG Pathum United (60 poin).

Sedangkan pada musim ini, tim berjulukan The Dragons ini sudah mengumpulkan 28 poin dari delapan kemenangan, empat imbang, dan tiga kali kalah.

Dengan jumlah itu, Ratchaburi FC untuk sementara berada di urutan ketiga klasemen. Mereka terpaut 10 poin dari Buriram United yang tampil impresif dengan koleksi 39 poin.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More