Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps nampak bahagia usai mengantar timnya mengalahkan Jerman di Euro 2020. (FRANCK FIFE / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Sejumlah pelatih tercatat pernah membawa Timnas Prancis melaju hingga babak semifinal Piala Dunia. Meski tak semuanya lolos hingga final dan menjadi juara, mereka tercatat sebagai pelatih yang berhasil.

Di Piala Dunia 2022, Prancis sendiri kembali masuk ke dalam tim favorit untuk menjadi kampiun. Bermodal status sebagai juara bertahan, Les Bleus punya skuad mumpuni dan pelatih berpengalaman.

Lantas, siapa saja pelatih yang pernah membawa Prancis ke semifinal Piala Dunia? Berikut ulasannya!

1. Albert Batteux

Untuk pertama kalinya Prancis bisa lolos ke semifinal Piala Dunia adalah pada edisi 1958. Saat itu, Prancis dilatih oleh Albert Batteux.

Batteux adalah pelatih berpengalaman saat itu dengan prestasi membawa Reims lima kali juara Liga Prancis dan dua kali menjadi runner-up Liga Champions.

2. Michael Hidalgo

Prancis kembali mampu menjejak semifinal Piala Dunia pada 1982. Prancis yang saat itu dimotori oleh Michel Platini dan dilatih oleh Hidalgo, tampil perkasa hingga ke semifinal.

Namun, langkah Prancis harus terhenti setelah dikalahkan oleh Jerman Barat lewat adu penalti. Prancis juga gagal meraih peringkat ketiga usai dikalahkan Polandia.

3. Henri Michel

Prancis kembali mampu menembus babak semifinal pada Piala Dunia 1986. Kali ini pelatih Henri Michel yang mampu membawa Prancis ke tahap tersebut.

Sayangnya lagi-lagi, langkah Prancis dihentikan Jerman Barat di babak semifinal. Meski begitu, Prancis kali ini meraih peringkat ketiga usai mengalahkan Belgia.

4. Aime Jacquet

Prancis akhirnya meraih apa yang mereka nantikan dengan menjadi kampiun Piala Dunia 1998. Adalah Aime Jacquet yang berjasa mengantarkan Zinedin Zidane dan kolega saat itu menjadi juara di rumah sendiri.

Tampil menjanjikan sepanjang fase grup hingga semifinal, Prancis menuntaskan perlawanan Brasil di final dengan sko telak 3-0.

5. Raymond Domenech

Prancis sebetulnya punya peluang meraih gelar juara Piala Dunia kedua mereka di tahun 2006. Pelatih Raymond Domenech saat itu membawa Prancis melaju hingga final.

Namun, mereka gagal menjadi juara setelah ditekuk Italia pada babak penalti. David Trezeguet jadi satu-satunya pemain Prancis yang gagal menjebol gawang Gianluigi Buffon.

6. Didier Deschamps

Sebagai kapten yang membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998, Deschamps mengulang prestasi serupa ketika menukangi Prancis di Piala Dunia 2018.

Setelah menembus semifinal dan mengalahkan Belgia, Prancis menuntaskan perlawanan Kroasia di partai final dengan skor 4-2.

Deschamps punya peluang untuk kembali membawa Prancis ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More