Muhammad Ilham Baktora
Para pemain Timnas Inggris berselebrasi setelah menjebol gawang Senegal di lanjutan babak 16 besar Piala Dunia 2022, Senin (5/12/2022). (Twitter/@HarryMaguire93)

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia 2022 antara Timnas Inggris vs Senegal di Stadion Al Bayt Khor, Qatar, Senin (5/12/2022) berakhir dengan kekalahan telak Senegal. Inggris menghajar dengan skor 3-0.

Skuad The Three Lions dipastikan lolos ke perempat final dan bakal berhadapan dengan Timnas Prancis untuk merebut tiket ke semi final.

Pertandingan memang didominasi Inggris sejak kick-off dimulai. Namun menekan sejak awal, skuad asuhan Gareth Southgate nyaris kebobolan di menit ke-23.

Baca Juga:
Ada Klub yang Ogah Pinjamkan Pemainnya untuk Timnas Indonesia, Menpora Pasang Badan

Bola rebound jatuh ke kaki Ismaila Sarr yang tak terkawal untuk kemudian melepaskan tembakkan dari dalam kotak penalti.

Sayangnya, upaya Sarr yang mengincar sisi kanan gawang tidak berhasil. Tembakkannya meleset tipis di atas mistar gawang.

Sembilan menit berselang, Senegal kembali mengancam gawang Inggris. Boulaye Dia mendapat umpan trobosan di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tembakkan ke tengah gawang yang masih mampu diselamatkan kiper Jordan Pickford.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Polandia Dicukur 3-1, Dua Gol Mbappe Antarkan Prancis Melaju ke Perempat Final

Serangan dari Senegal malah berubah petaka. Inggris berhasil mencetak gol di tengah kelengahan musuh melalui kerjasama Jordan Henderson dan Jude Bellingham di menit ke-38.

Gelandang Borussia Dortmund melepaskan umpan akurat ke kotak penalti yang kemudian disambar Henderson lewat sepakkan first time yang melesat akurat ke tengah gawang Senegal.

Inggris terus mengancam setelah itu. Jelang babak pertama berakhir tepatnya pada menit 45+3, tim asuhan Gareth Southgate mencetak gol kedua melalui Harry Kane.

Baca Juga:
Tak Ingin Banyak Sesumbar, Ini Pesan Gareth Southgate jelang Hadapi Senegal di Piala Dunia 2022

Harry Kane dengan tenang melepaskan tembakkan untuk menaklukan kiper Senegal Edouard Mendy usai menerima operan dari Phil Foden di dalam kotak penalti.

Pasca jeda, Inggris kembali mengejutkan Senegal. Pada menit ke-57, mereka menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat kerjasama Foden yang mengirim umpan silang yang langsung di sambar Bukayo Saka di kotak penalti.

Tak lama setelah gol ketiga, Southgate melakukan banyak pergantian pemain. Saka dan Foden digantikan Marcus Rashford dan Jack Grealish pada menit ke-65.

Kemudian Mason Mount dan Eric Dier juga masuk untuk menggantikan tempat Jude Bellingham dan John Stones pada menit ke-76.

Tidak banyak peluang yang terjadi usai gol ketiga Inggris. Kedua tim bermain alot dengan The Three Lions mulai menurunkan intensitas serangannya. Hingga akhirnya peluit panjang dibunyikan, dengan akhir skor 3-0.

Kemenangan Inggris mengantarkannya ke babak perempat final. Prancis yang sudah menunggu setelah mengalahkan Polandia akan menjadi lawan berikutnya di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, 11 Desember 2022.

Susunan Pemain Inggris vs Senegal

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Eric Dier, 76'), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Kalvin Phillips, 82'), Declan Rice, Jude Bellingham (Mason Mount, 76'); Bukayo Saka (Marcus Rashford, 65'), Harry Kane, Phil Foden (Jack Grealish, 65').

Pelatih Inggris: Gareth Southgate.

Senegal (4-2-3-1): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs (Fode Ballo-Toure, 85'); Pathe Ciss (Pape Gueye, 46'), Nampalys Mendy; Krepin Diatta (Pape Matar Sarr , 46'), Iliman Ndiaye (Bamba Dieng, 46'), Ismaila Sarr; Boulaye Dia (Famara Diedhiou, 72').

Pelatih Senegal: Aliou Cisse.

Load More