Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Ghana, Otto Addo, dalam pertandingan uji coba melawan Jepang, 10 Juni 2022. (Charly Triballeau/AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 Qatar sejatinya baru memasuki babak 16 besar, namun sejumlah pelatih tim kenamaan justru memilih untuk mengundurkan diri dari jabatan, ada juga yang dicopot.

Piala Dunia 2022 akan memasuki fase gugur mulai Sabtu (3/12/2022) terlepas dari tim mana saja yang memastikan diri lolos, terdapat fakta menarik soal pelatih.

Gelaran Piala Dunia 2022 sejatinyamasih menyisakan jalan panjang menuju tahta juara. Namun ada tiga pelatih yang sudah dipecat seiring selesainya fase grup.

Ketiga pelatih ini dipecat usai gagal membawa tim mereka lolos dari babak penyisihan grup, di antaranya bahkan membawa tim besar.

Lantas siapa saja mereka? berikut daftar pelatih yang memilih mundur dari jabatan pelatih usai gagal lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

1. Gerardo Martino

Gerardo Martino pelatih Meksiko saat merayakan kemenangannya bersama kiper Guillermo Ochoa. (Instagram/@tatamartinodt)

Pelatih kesayangan Lionel Messi asal Argentina ini gagal membawa Timnas Meksiko lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Meskipun sukses membawa Meksiko memetik kemenangan atas Arab Saudi, namun manajemen tim nasional Meksiko justru memecatnya.

Martino pun tak terkejut, ia mengaku bertanggung jawab atas kegagalan yang terjadi di Piala Dunia 2022 Qatar.

"Kami bertanggung jawab atas kegagalan selama Piala Dunia ini. Kontrak saya berakhir ketika wasit membunyikan peluit akhir. Tidak ada lagi yang harus dilakukan,"kata Martino.

2. Roberto Martinez

Roberto Martinez pada ses latihan Beliga di Kaliningrad (27/6), [Ozan Kose/AFP]

Sementara itu, Roberto Martinez selaku pelatih Belgia memilih mundur dari jabatan pelatih usai gagal membawa Belgia lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Belgia kalah bersaing dengan Maroko dan Kroasia yang secara berututan berada di atas mereka pada tabel klasemen babak penyisihan grup.

Kualitas negara peringkat 1 ranking FIFA ini justru hilang dan seolah lenyap di tangan Martinez, padahal memiliki skuad terbaik.

"Saya memang akan berhenti bagaimanapun juga, apapun yang terjadi, sekalipun kami menjadi juara. Saya telah membuat keputusan itu sebelum Piala Dunia dimulai," ucap Martinez.

3. Otto Addo

Pelatih Timnas Ghana, Otto Addo. [PIUS UTOMI EKPEI / AFP]

Ghana mengakhiri Piala Dunia 2022 dengan hanya mengoleksi tiga poin hasil kemenangan atas Korea Selatan di babak penyisihan grup.

Kekalahan dari Uruguay pada matchday terakhir fase grup membuat Ghana tersingkir dari perburuan tiket ke fase gugur.

Kondisi yang membuat sang pelatih, Otto Addo memutuskan mundur dari jabatan pelatih kepala timnas Ghana setelah gagal lolos dari babak penyisihan grup.

"Saya mengatakannya sebelumnya ketika saya mulai sebagai asisten pelatih tahun lalu bahwa jelas saya akan berhenti setelah Piala Dunia," ucap Addo.

“Saat ini saya dan keluarga melihat masa depan kami di Jerman dan saya menyukai peran di Dortmund dan kami sangat bahagia di sana,"

"Sejak saya mulai, saya mengatakan jika kami lolos, saya akan mengundurkan diri setelah Piala Dunia, bahkan jika kami juara," imbuhnya.

Load More