Husna Rahmayunita
Kapten Timnas Portugal saat lawan Korea Selatan di matchday terakhir Grup H Piala Dunia 2022. (AFP/Glyn Kirk)

Bolatimes.com - Melihat momen di mana Cristiano Ronaldo ternyata ‘membantu’ Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai menumbangkan Portugal.

Babak grup Piala Dunia 2022 telah berakhir seiring rampungnya empat pertandingan grup H yang tersaji sejak Jumat hingga Sabtu (3/12) dini hari WIB.

Dari empat pertandingan itu, dua tim dari grup G dan grup H memastikan dua tiket tersisa ke babak 16 besar, yakni Swiss dan Korea Selatan.

Swiss berhasil meraih tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengandaskan Serbia dengan skor 3-2 di laga terakhir grup G.

Sedangkan Korea Selatan berhasil melaju ke babak selanjutnya usai mengalahkan tim kuat Portugal dengan skor tipis 2-1.

Keberhasilan Korea Selatan itu merupakan sebuah kejutan. Pasalnya, sebelum laga ini, Taeguk Warriors tak dijagokan lolos ke babak 16 besar.

Namun anak asuh Paulo Bento berhasil membalikkan prediksi banyak orang dengan meraih kemenangan 2-1 atas Portugal yang membuat Korea Selatan finis di peringkat kedua.

Di laga tersebut, Portugal sendiri sempat unggul cepat lewat Ricardo Horta di menit ke-5. Namun keunggulan itu mampu dibalas oleh Korea Selatan lewat Kim Young-gwon di menit ke-27.

Saat laga akan berakhir imbang, Hwang Hee-chan berhasil mencetak gol di menit-menit akhir dan memastikan tempat bagi Korea Selatan di babak 16 besar.

Siapa yang menduga, keberhasilan Korea Selatan lolos ke babak 16 besar dengan mengalahkan Portugal tersebut ternyata ada andil besar dari Cristiano Ronaldo.

Mega bintang Portugal itu justru kedapatan memberikan assist dari salah satu gol Korea Selatan saat meraih kemenangan itu.

Bagaimana ‘assist’ yang dibuat Cristiano Ronaldo bagi gol Korea Selatan itu?

‘Assist’ untuk Gol Penyama Kedudukan

Cristiano Ronaldo kedapatan membantu Korea Selatan lewat ‘assist’ nya untuk gol penyama kedudukan yang dicetak Kim Young-gwon.

Hal tersebut terjadi di menit ke-27 saat Korea Selatan menghadapi situasi sepak pojok. Saat itu, salah satu pemain Taeguk Warriors melepaskan tendangan sudut ke arah pertahanan Portugal dengan kaki kirinya.

Bola pun kemudian masuk ke kotak penalti tanpa bisa disambar barisan pertahanan Portugal, sehingga bola kemudian menghantam punggung Ronaldo.

Bola yang menghantam punggung Ronaldo itu kemudian membuat bola berubah arah ke depan gawang Portugal dan disambar Kim Young-gwon untuk menyamakan kedudukan.

Karena gol itu, banyak yang menyebut bahwa Ronaldo memberikan ‘assist’ bagi gol Kim Young-gwon, sehingga Korea Selatan bisa kembali ke permainan dan meraih kemenangan di laga ini.

Di sisi lain, Ronaldo tak tampil cukup baik bagi Portugal di laga ini. Dilansir dari Whoscored, pemain berusia 37 tahun itu menjadi pemain dengan rating terendah di laga itu, yakni dengan skor 5,1 dari 10 poin.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More