Husna Rahmayunita
Penyerang Timnas Korea Selatan, Son Heung-min. [JUNG YEON-JE / AFP]

Bolatimes.com - Berikut deretan mantan anak didik Shin Tae-yong yang kini bermain di Piala Dunia 2022, di mana total ada delapan muridnya yang berada di skuad Timnas Korea Selatan saat ini.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong merupakan salah satu pelatih dengan nama besar di kancah sepak bola dunia.

Juru taktik berusia 52 tahun itu merupakan bekas pelatih yang pernah mengayomi tim di Piala Dunia, tepatnya pada edisi 2018 lalu.

Saat itu, Shin Tae-yong memimpin Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Hanya saja, saat itu ia gagal membawa Taeguk Warriors berbicara banyak dengan tersingkir di babak grup.

Namun perjalanan Shin Tae-yong di Piala Dunia 2018 itu cukup mengejutkan. Sebab, ia berhasil membawa Korea Selatan mengalahkan tim unggulan dan juara bertahan kala itu, yakni Jerman.

Dengan kiprahnya tersebut, PSSI pun berani menunjuk Shin Tae-yong untuk menukangi Timnas Indonesia sejak 2019 dengan kontrak panjang yakni tiga tahun.

Terlepas dari rekam jejaknya di Piala Dunia 2018 lalu, pengalaman Shin Tae-yong melatih Korea Selatan di masa silam membuatnya memiliki sederet mantan anak asuh yang saat ini ambil bagian di Piala Dunia 2022.

Kira-kira, siapa saja murid Shin Tae-yong yang kini bermain di Piala Dunia 2022? Berikut daftarnya.

1. Son Heung-min

Kapten Timnas Korea Selatan Son Heung-min mengikuti latihan persiapan Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Rabu (16/11/2022). [AFP]

Son Heung-min merupakan bintang Korea Selatan. Ia pernah dilatih Shin Tae-yong pada Piala Dunia 2018 lalu dan jadi andalan.

Di Piala Dunia 2022 ini, penyerang Tottenham Hotspur itu pun menjadi kapten Timnas Korea Selatan. Jadi andalan, hanya saja dirinya belum mencetak satu gol pun bagi Korea Selatan.

2. Hwang Hee-chan

Hwang Hee-chan juga menjadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong kala masih menukangi Korea Selatan di masa silam.

Kini, dirinya pun diandalkan Korea Selatan di Piala Dunia 2022 ini, meski ia belum pernah dimainkan sama sekali dalam dua laga di grup H.

3. Kim Seung-gyu

Sama seperti Son Heung-min dan Hwang Hee-chan, Kim Seung-gyu merupakan pemain andalan Shin Tae-yong semasa melatih Korea Selatan.

Di Piala Dunia 2022 ini, ia berstatus penjaga gawang utama Korea Selatan dan telah tampil di dua pertandingan grup H.

4. Jo Hyeon-woo

Selain Kim Seung-gyu, mantan anak asuh Shin Tae-yong di posisi penjaga gawang Korea Selatan di Piala Dunia 2022 ini adalah Jo Hyeon-woo.

Namun Jo Hyeon-woo hanya berstatus pelapis bagi Kim Seung-gyu. Hingga kini ia belum diturunkan di Piala Dunia 2022 ini.

5. Kim Young-gwon

Lini pertahanan Korea Selatan lebih dikenal karena adanya sosok Kim Min-jae. Tapi jangan lupakan mantan anak asuh Shin Tae-yong yang selalu jadi partner bagi bek Napoli itu, yakni Kim Young-gwon.

Bek milik Ulsan Hyundai ini menjadi andalan Korea Selatan di Piala Dunia 2022 ini. Bahkan ia telah tampil sebanyak dua kali kala melawan Uruguay dan Ghana.

Pemain lainnya:

6. Lee Jae-sung
7. Hong Chul
8. Jung Woo-young

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More