Husna Rahmayunita
Gelandang Timnas Jerman #07 Kai Havertz (tengah) terlihat sedih setelah Jerman tetrsingkir dari Piala Dunia 2022 meski menang 4-2 atas Kosta Rika dalam matchday ketiga atau terakhir Grup E di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha pada 1 Desember 2022. KARIM JAAFAR/AFP.

Bolatimes.com - Berikut ini lima tim unggulan yang gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 ini, di mana terbaru adalah juara dunia empat kali, Jerman.

Piala Dunia 2022 telah memasuki babak akhir di fase grup. Saat ini, beberapa kontestan telah memastikan tempat di babak 16 besar.

Total sudah ada 14 tim dari 32 tim di Piala Dunia 2022 yang telah memastikan tempat di 16 besar. Hanya tersisa dua tiket saja yang akan diperebutkan enam tim dari grup G dan grup H.

Keenam tim yang akan berebut dua tiket tersisa itu antara lain Swiss, Kamerun, Serbia dari grup G dan Ghana, Korea Selatan, Uruguay dari grup H.

Alhasil, jika dua tiket ke babak 16 besar tersisa sudah menemukan pemenangnya, maka total akan ada 16 tim yang angkat koper lebih cepat dari Piala Dunia 2022.

Sejauh ini sudah ada 12 tim yang telah dipastikan angkat koper lebih cepat dari Piala Dunia 2022. Tak disangka, lima di antaranya adalah negara yang berstatus tim unggulan.

Lantas, siapa saja tim unggulan yang telah dipastikan gagal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022? Berikut daftarnya.

1. Jerman

Para pemain Jerman tertunduk kecewa di Stadion Al-Bayt Stadium di Al Khor, Doha, pada 1 Desember 2022, karena kembali gagal masuk 16 besar Piala Dunia setelah kemenangan mereka atas Kosta Rika. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)

Jerman dipastikan gagal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 kendati berhasil meraih kemenangan meyakinkan 4-2 atas Kosta Rika di laga terakhir grup E, Jumat (2/12).

Jerman harus gagal ke 16 besar karena kalah selisih gol dari Spanyol yang ada di urutan kedua grup E. Padahal kedua tim ini sama-sama mengoleksi empat poin.

2. Belgia

Belgia bermain imbang 0-0 kontra Kroasia di Piala Dunia 2022. (Instagram/@fifaworldcup)

Peringkat ketiga Piala Dunia 2018 lalu, Belgia, juga harus angkat koper lebih cepat di Piala Dunia 2022 ini usai menempati peringkat ketiga grup F di belakang Maroko dan Kroasia.

Belgia gagal lolos karena hanya mengumpulkan empat poin dari tiga laga, tertinggal satu poin dari Kroasia di posisi kedua dan tiga poin dari Maroko yang berstatus juara grup.

3. Denmark

Selebrasi penyerang Timnas Denmark, Mikkel Damsgaard, usai membobol gawang Timnas Inggris di semifinal Euro 2020. (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)

Tim kuda hitam asal Eropa, Denmark, juga telah dipastikan gagal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 tepat di laga terakhir grup D.

Bertanding melawan Australia di laga terakhir grup D, Denmark harus kalah 0-1. Kekalahan ini membuat tim Dinamit harus finis di posisi juru kunci dengan raihan satu poin.

4. Meksiko

Pemain Meksiko Uriel Antuna (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya Alexis Vega (kanan) dan Erick Aguirre (kiri) setelah mencetak gol ketiga lawan Prancis dalam pertandingan Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Stadium, Jepang pada 22 Juli 2021. ANTARA/AFP/MARIKO ISHIZUKA

Meksiko merupakan salah satu tim kuat dan langganan babak 16 besar Piala Dunia. Namun, wakil CONCACAF ini harus pulang lebih cepat pada Piala Dunia 2022 ini.

Tim berjuluk El Tri ini gagal lolos ke babak 16 besar usia hanya menempati peringkat ketiga grup C dengan raihan empat poin dan kalah selisih gol dari Polandia yang ada di posisi kedua dang mengantongi jumlah poin yang sama.

5. Ekuador

Ekuador pecundangi Qatar di laga pembuka Piala Dunia 2022 (Instagram/fifaworldcup)

Ekuador juga merupakan salah satu negara unggulan dari zona CONMEBOL atau Amerika Selatan yang gagal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Sempat meraih kemenangan di laga pertama atas Qatar dan hasil imbang atas Belanda di laga kedua, Ekuador harus menerima kenyataan kalah dari Senegal di laga terakhir grup A, sehingga La Tri harus puas menduduki peringkat ketiga dengan raihan empat poin.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More