Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Timnas Jepang usai kalahkan Spanyol di matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022). (AFP/Anne-Christine POUJOULAT)

Bolatimes.com - Timnas Jepang berhasil mencatatkan torehan manis yang berujung sebagai rekor di Piala Dunia 2022. Sang wakil Asia yang benar-benar memberi cahaya di Qatar.

Jepang tak minder meski tergabung dalam Grup E Piala Dunia 2022, dinilai sebagai grup negara di perhelatan sepak bola akbar empat tahunan dunia ini.

Dua kekuatan sepak bola Eropa, Jerman dan Spanyol jadi lawan kuat Jepang di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar.

Selain itu salah satu kekuatan Amerika Utara juga menjadi batu sandungan tersendiri bagi Jepang, meskipun kejutan yang justru diberikan.

Kejutan itu bahkan hadir saat matchday pertama fase Grup E melawan Jerman di Stadion Al Bayt, Khor, Qatar, Der Panzer takluk.

Jerman harus mengakui keunggulan Jepang meski unggul lebih dulu dengan skor 1-2, tentunya hasil ini mengejutkan jagat sepak bola dunia.

Meskipun pada matchday kedua Jepang harus mengakui keunggulan Kosta Rika, kekalahan 0-1 membuat Negeri Samurai Biru was-was.

Penyerang Timnas Jepang #09 Kaoru Mitoma (Kiri) melepaskan umpan untuk gol kedua timnya selama matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Spanyol di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 1 Desember 2022. Gol itu jadi kontroversi lantaran bola dianggap sudah keluar dari lapangan. Permata SAMAD / AFP

Mengingat lawan terakhir di fase grup yang dilawan adalah Spanyol, namun kejutan kembali diperlihatkan Ao Tanaka dan kawan-kawan.

Di tempat yang sama, Jepang kembali membuat kejutan usai mengandaskan Spanyol dengan skor 2-1 sekaligus memastikan tiket ke babak 16 besar.

Hasil yang membuat Jepang setidaknya menorehkan 2 rekor mentereng, yakni mengalahkan Jerman dan Spanyol dalam satu ajang yang sama.

Selain itu, Jepang menjadi tim ketiga yang sukses mencatat dua comeback sensasional di Piala Dunia yang sebelumnya hanya bisa dilakukan Brasil (1938) dan Jerman (1970).

Belum lagi skuad Hajimo Moriyasu berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup E.

Bermodal rekor mentereng tersebut, Jepang akan menghadapi tantangan dari runner-up Piala Dunia 2018 Rusia, Kroasia di babak 16 besar mendatang.

Kontributor: Eko
Load More