Kamis, 09 Februari 2023
Irwan Febri Rialdi : Jum'at, 02 Desember 2022 | 00:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia 2022, Belgia gagal melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah hanya bermain imbang 0-0 kontra Kroasia pada laga terakhir Grup F di Stadion Ahmed bin Ali, Doha, Qatar, Kamis (1/12/2022) malam WIB.

Belgia, yang merupakan juara ketiga di Piala Dunia empat tahun lalu, kandas setelah hanya finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup F dengan poin 4.

Ini setelah di laga lainnya malam ini, Maroko mengalahkan Kanada 2-1. Maroko keluar sebagai juara grup dengan poin 7, sementara Kroasia melaju ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup F dengan poin 5.

Di Stadion Ahmed bin Ali, Kroasia langsung tancap gas di babak pertama. Baru beberapa detik setelah kick-off, bola lambung dari tengah lapangan diterima Ivan Perisic.

Winger Tottenham itu langsung melepaskan tembakan yang sedikit menyamping di sebelah kanan gawang Belgia kawalan kiper Thibaut Courtois.

Menit ke-13, counter-attack cepat Belgia cukup mengancam Kroasia. Kevin De Bruyne terus melaju ke daerah pertahanan Kroasia sebelum menyodorkan bola ke Dries Mertens.

Sayang, sepakan first time Mertens melambung tinggi di atas gawang Kroasia yang dijaga Dominik Livakovic. 

Kroasia mendapat hadiah penalti di menit ke-15. Bermula dari situasi tendangan bebas di kanan pertahanan Belgia, scrimmage terjadi di kotak penalti dan bola sempat dikuasai Yannick Carrasco.

Akan tetapi, si kulit bundar tidak terkontrol dengan baik. Striker Kroasia, Andrej Kramaric merebut bola dan usaha Carrasco merebut balik malah berbuah pelanggaran di kotak 16.

Luka Modric sudah maju jadi algojo penalti, namun wasit Anthony Taylor dari Inggris mengecek VAR karena ada dugaan offside sebelum momen pelanggaran itu.

Setelahnya, Taylor menyatakan Dejan Lovren memang offside dalam situasi set-piece sebelumnya itu. Penalti batal!

Setelah momen penalti yang dianulir ini, tensi pertandingan justru menurun. Kedua tim tampak lebih berhati-hati, dengan bola lebih banyak berkutat di lini tengah.

Ini terefleksi dari jumlah percobaan tembakan ke gawang dari kedua tim yang sama-sama 0 di sepanjang babak pertama.

Di lima menit terakhir babak pertama plus injury time, Belgia mulai tampak mendominasi ball possession. Akan tetapi sampai half-time, skor 0-0 tetap bertahan. 

Butuh gol dan butuh menang untuk lolos, pelatih Belgia Roberto Martinez memasukkan Romelu Lukaku selepas restart.

Akan tetapi, justru Kroasia yang menggila di awal babak kedua ini. Setidaknya ada tiga peluang bersih yang didapat Kroasia.

Shots on target pertama di laga ini ditandai dengan usaha Marko Kovacic. Sayang, tembakan gelandang Chelsea itu dari dalam kotak penalti masih bisa diblok Courtois. Gawang Belgia masih aman.

Menit ke-54, giliran sepakan kaki kiri Marcelo Brozovic yang berhasil dibendung Courtois. Semenit berselang, percobaan Modric berhasil dibendung Courtois, rekan setimnya di Real Madrid. Courtois benar-benar sibuk di babak kedua!

Menariknya setelah gencar ditekan, angin serangan justru berbalik jadi milik Belgia.

Menit ke-60, Carrasco merangsek masuk ke kotak penalti Kroasia. Pemain Atletico Madrid itu pun melepas tembakan namun berhasil ditahan kiper Livakovic.

Bola muntah langsung disambar Lukaku. Sayang, cocoran kaki kanan bomber Inter Milan itu hanya membentur tiang gawang Kroasia.

Menit ke-62, sundulan Lukaku menyambut crossing De Bruyne hanya melambung di atas mistar gawang Kroasia. Sangat disayangkan karena Lukkau sebenarnya dalam posisi bebas tak terkawal.

Setelah itu, kedua tim saling jual beli serangan. Segala kemungkinan masih bisa terjadi.

Menit ke-89. Lukaku mendapat kesempatan emas untuk membawa Belgia unggul. Cutback dari Eden Hazard, yang juga turun sebagai pengganti, gagal dimaksimalkan Lukaku di mulut gawang Kroasia. Bola masih bisa diamankan Livakovic.

Sampai peluit panjang ditiup wasit. skor kacamata tetap tak berubah.

Susunan Pemain:

Timnas Kroasia XI (4-3-3): Dominik Livakovic: Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric, Marko Livaja, Ivan Perisic.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Timnas Belgia XI (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Leander Dendoncker; Timothy Castagne, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Thomas Meunier; Yannick Carrasco, Leandro Trossard; Dries Mertens.

Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol).

(Suara.com/Rully Fauzi)

BACA SELANJUTNYA

Marselino Ferdinan Minta Dukungan Demi KMSK Deinze Lolos ke Playoff Promosi, Bakal Debut?