Irwan Febri Rialdi
Striker Manchester United, Marcus Rashford. (Twitter/@ManUnited).

Bolatimes.com - Timnas Inggris perlahan menunjukan tajinya sebagai raksasa Eropa di Piala Dunia 2022 Qatar, lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Timnas Inggris menyudahi babak penyisigan grup Piala Dunia 2022 dengan torehan kemenangan atas Wales, skor 3-0 menutup laga yang digelar Rabu (30/11/2022).

Raihan tujuh poin membuat timnas Inggris keluar sebagai juara Grup B Piala Dunia 2022 dan berhak lolos ke babak 16 besar kompetisi.

Marcus Rashford mencuri perhatian lewat brace yang diciptakan di laga melawan Wales, sekaligus memastikan tiket 16 besar dalam genggaman.

Selain itu Rashford masuk dalam top skor sepanjang masa timnas Inggris di Piala Dunia, bersama siapa saja? berikut di antaranya.

1. Gary Lineker

Gary Lineker (kiri) saat memperkuat Timnas Inggris di Piala Dnia 1986. (Staf/AFP)

Pencetak gol terbanyak timnas Inggris di Piala Dunia masih dipegang Gary Lineker dengan raihan 10 golnya semasa masih aktif menjadi pemain.

Lineker berkostum timnas Inggris mulai 1985 hingga awal 1990-an, total secara kesuluruhan sudah mencetak 48 gol.

Edisi 1986 dan 1990 membawa Lineker sukses mengoleksi 10 gol tersebut, sebelum dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Inggris di Piala Dunia.

2. Harry Kane

Harry Kane cetak gol lewat penalti saat Tottenham Hotspur kalahkan Everton 2-0. (AFP)

Kane masih aktif bermain dan menjadi andalan timnas Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar, hingga saat ini sudah mengoleksi 6 gol.

Praktis saat ini Kane hanya terpaut 4 gol dari Lineker, striker Tottenham Hotspur ini baru mengikuti Piala Dunia edisi 2018 di Rusia.

Usianya sudah 29 tahun, Kane kemungkinan bisa menyalip torehan Lineker sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Inggris.

3. Geoff Hurst

Husrt merupakan andalan timnas Inggris di Piala Dunia 1966, saat itu Inggris menjadi tuan rumah Piala Dunia dan berhasil mencapai partai puncak melawan Jerman.

Di Piala Dunia 1966, Hurst masih berusia 24 tahun tapi mampu mencetak hattrick ke gawang Jerman di partai final.

Hurst masih bermain di Piala Dunia 1970 Meksiko, namun kegemilangan empat tahun sebelumnya tak muncul kembali.

4. Bobby Charlton

Legenda Manchester United, Sir Bobby Charlton. (PAUL ELLIS / AFP)

Sir Bobby Charlton berbagi koleksi gol dengan Michael Owen dengan pengemas 4 gol bagi timnas Inggris di Piala Dunia.

Mulai tahun 1960-an, Charlton ikut dalam dua edisi pada 1962 dan 1966, termasuk ketika timnas Inggris menjadi tuan rumah.

Owen muda yang muncul di era 90-an juga sukses menunjukkan tajinya di Piala Dunia 1998 dan 2002 dengan mengoleksi 4 gol.

5. Marcus Rahsford

Marcus Rasford dan Reece James. (Facundo Arrizabalaga/AFP)

Tiga gol untuk timnas Inggris, masing-masing ditorehkan Marcus Rashford, David Beckham, Steven Gerrardm Roger Hunt, David Plat dan Nat Lofthouse.

Terbaru Marcus Rashford yang sukses mengemas tiga gol dari tambahan 2 golnya di Piala Dunia 2022 Qatar, striker Manchester United ini mungkin bisa merubah peta persaingan di level pencetak gol terbanyak.

Kontributor: Eko
Load More