Irwan Febri Rialdi
Pemain timnas Indonesia Septian David Maulana (kanan) bersitegang dengan pemain timnas Singapura Irfan Fandi Ahmad dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018). Indonesia kalah 0-1 dalam pertandingan perdana tersebut. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pesepak bola yang memiliki garis keturunan Indonesia akan ikut berpartisipasi bersama timnas Singapura di ajang Piala AFF 2022.

Sebab, dari 29 nama pemain yang dipanggil pelatih timnas Singapura, Takayuki Nishigaya, terdapat empat nama pemain sepak bola yang ternyata memiliki garis keturunan asal Indonesia.

Nama-nama pemain keturunan Indonesia ini tentu bakal berusaha maksimal untuk membantu perjuangan timnas Singapura yang tergabung di Grup B bersama Malaysia, Vietnam, Laos, dan Myanmar.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat nama pemain keturunan Indonesia yang akan memperkuat timnas Singapura di Piala AFF 2022.

1. Irfan Fandi

Pemain timnas Indonesia Septian David Maulana (kanan) bersitegang dengan pemain timnas Singapura Irfan Fandi Ahmad dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018). Indonesia kalah 0-1 dalam pertandingan perdana tersebut. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pemain keturunan Indonesia pertama yang bakal membela panji timnas Singapura di Piala AFF 2022 ialah Irfan Fandi. Bek tengah berusia 25 tahun ini merupakan anak dari Fandi Ahmad.

Dari ayahnya itulah, Irfan mendapatkan garis keturunan Indonesia. Sebab, Fandi Ahmad diketahui memiliki leluhur yang berasal dari Jawa Timur.

Irfan Fandi tentunya akan menjadi salah satu sosok penting di sektor pertahanan The Lions. Sekarang ini, dia berkarier di Liga Thailand bersama BG Pathum United.

2. Ikhsan Fandi

Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi, usai mencetak gol ke gawang Malaysia, Sabtu (26/3/2022). (Instagram/@fas)

Selain Irfan Fandi, anak kandung Fandi Ahmad yang juga bakal menorehkan kiprahnya di Piala AFF 2022 bersama timnas Singapura ialah Ikhsan Fandi.

Sama seperti Irfan Fandi, Ikhsan Fandi saat ini juga berkarier bersama BG Pathum United. Striker berusia 23 tahun ini memang punya rekam jejak yang panjang berkarier di luar negeri.

Pengalamannya itulah yang bakal menjadi modal berharga bagi Ikhsan untuk membantu produktivitas gol The Lions di Piala AFF 2022.

3. Ilhan Fandi

Masih dari lingkup keluarga yang sama, anak laki-laki Fandi Ahmad yang lebih muda, Ilhan Fandi, juga akan ambil bagian di Piala AFF 2022.

Striker muda yang berkarier bersama Albirex Niigata di Singapore Premier League ini akan kembali menambah pundi-pundi penampilannya bersama The Lions.

Bersama klub tersebut, Ilhan memang cukup produktif karena mampu mencetak total 17 gol dari 21 penampilannya di Liga Primer Singapura.

4. Taufik Suparno

Taufik Suparno, pemain berdarah Indonesia yang kini main di Timnas Singapura. (Dok. FAS)

Penyerang Tampines Rovers, Taufik Suparno, menjadi nama pemain keturunan Indonesia terakhir dalam daftar ini yang bakal memperkuat The Lions di ajang Piala AFF 2022.

Sebagai informasi, darah keturunan Indonesia yang dimiliki Taufik Suparno berasal dari ayahnya, sedangkan ibunya merupakan warga negara Singapura.

Pemain kelahiran 31 Oktober 1995 itu sebetulnya sudah sempat dipanggil timnas Singapura pada medio 2015. Namun, ketika itu dia belum bisa mencatatkan caps bersama The Lions.

5. Amy Recha

Striker Singapura yang lahir di Surabaya, Amy Recha. (Dok. FA Singapura_

Selain keempat nama itu, Singapura juga memiliki pemain berdarah Indonesia. Dia adalah Amy Recha yang diam-diam punya darah Tanah Air.

Tak hanya punya darah Indonesia dari sang ibu yang merupakan WNI, Amy Recha ternyata lahir di Surabaya, Jawa Timur.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More