Husna Rahmayunita
Grafis Jepang vs Spanyol di Piala Dunia 2022. (Suara.com)

Bolatimes.com - Link live streaming Jepang vs Spanyol di matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022. Pertandingan kedua tim berlangsung di Stadion Internasional Khalifah, Jumat (1/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Duel Jepang vs Spanyol disiarkan secara langsung di SCTV atau bisa ditonton secara live streaming di Vidio.com. Laga tersebut diprediksi berjalan alot.

Spanyol kini memuncaki klasemen Grup E usai menang lawan Kosta Rika dan imbang lawan Jerman di grup neraka. Tim Luis Enrique hanya butuh skor seri untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Di sisi lain, Jepang sendiri mengawali turnamen ini dengan amat mengesankan setelah berbalik menumbangkan juara dunia empat kali, Jerman, dengan 2-1.

Jepang juga hampir mengalahkan atau paling tidak memetik satu poin ketika kalah tipis 0-1 dari Kosta Rika yang yang mencuri kemenangan hanya dengan satu-satunya tembakan tepat sasaran dalam turnamen ini.

Namun Samurai Biru tetap bisa ke 16 besar untuk keempat kalinya dengan bekal hasil seri melawan Spanyol, dengan syarat Jerman mengalahkan Los Ticos.

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu tahu apa yang dia inginkan dari timnya tetapi sepertinya tidak terlalu yakin apakah mereka mampu melakukannya.

"Kami mengincar kemenangan, hanya itu yang perlu kami pikirkan," kata dia setelah Jepang kalah melawan Kosta Rika.

"Mengalahkan Jerman bukan berarti kami bisa mengalahkan Spanyol, kedua tim sudah pernah menjuarai Piala Dunia dan kami sangat menghormati mereka, tapi kami berhasil mengalahkan Jerman."

Moriyasu mungkin merombak total timnya setelah rencana permainan konservatifnya menjadi bumerang kala melawan Kosta Rika.

Setiap pertandingan grup Piala Dunia yang terlihat sama-sama berusaha mencari aman senantiasa membangkitkan ingatan orang kepada "Aib Gijon" 40 tahun silam di Spanyol.

Untuk itu, FIFA memberlakukan waktu pertandingan yang sama untuk laga fase grup terakhir untuk memastikan tidak ada yang main mata atau tidak ada yang mengulang 'sepak bola gajah' antara Jerman Barat dan Austria pada Piala Dunia 1982 itu ketika Austria mengalah kepada Jerman sehingga kedua tim lolos dengan mengorbankan Aljazair.

Spanyol mungkin senang melihat Jerman tidak lolos ke 16 besar karena paling tidak salah satu potensi rintangan besar sudah tidak ada pada babak knockout. Namun pelatih Luis Enrique sudah bertekad berjuang sekuat tenaga untuk mengalahkan Jepang.

"Kami akan menggunakan kekuatan penuh untuk memburu kemenangan yang mengamankan puncak klasemen grup," tandas Enrique seperti dikutip Reuters via Antara.

Link live streaming Jepang vs Spanyol di Piala Dunia 2022, klik di sini.

Load More