Rauhanda Riyantama
Richarlison borong dua gol kemenang Brasil atas Serbia dengan skor 2-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut ini adalah lima pemain jebolan Olimpiade Tokyo 2020 yang kini menjadi andalan Timnas Brasil di ajang Piala Dunia 2022.

Timnas Brasil menjadi salah satu tim unggulan yang dijagokan menjadi juara Piala Dunia 2022 ini. Masuknya Selecao dalam daftar kandidat juara tak lepas dari kiprahnya sejauh ini.

Di fase grup Piala Dunia 2022 saja, Brasil belum terkalahkan dalam dua laga yang telah dimainkan di grup dengan hasil dua kemenangan.

Baca Juga:
Ilija Spasojevic Dipanggil Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022, Pelatih Bali United Beri Tanggapan Begini

Hebatnya lagi, Brasil menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan di Piala Dunia 2022 sejauh ini.

Kehebatan Brasil ini tak lepas dari pemilihan skuad yang dilakukan oleh pelatihnya, Tite. Total 26 pemain yang dibawanya merupakan pemain-pemain top dengan kombinasi pemain muda dan tua.

Siapa sangka, pemain muda yang ada di skuad Brasil saat ini merupakan hasil regenerasi yang apik dari Selecao belakangan ini.

Baca Juga:
Dapat Body Shaming oleh Jurnalis dari Arab, Eden Hazard: Enak Aja, Ini sudah Stabil

Sebagian besar pemain mudanya di Piala Dunia 2022 ini merupakan hasil dari regenerasi yang dilakukan di ajang Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Sebagai informasi, pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu Brasil dengan skuad mudanya berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1.

Lantas, siapa saja pemain Brasil di Olimpiade Tokyo 2020 yang kini menjadi andalan Tite di Piala Dunia 2022 ini? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Witan Sulaeman Disebut The Next Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2022, Publik Tak Terima

1. Gabriel Martinelli

Gabriel Martinelli saat ikut sesi latihan Timnas Brasil di Piala Dunia 2022. (AFP)

Brasil selalu melahirkan winger-winger muda potensial dan bertalenta. Salah satunya adalah winger Arsenal, Gabriel Martinelli.

Pemain berusia 21 tahun itu berhasil menembus skuad Piala Dunia 2022 setelah tampil impresif bersama Arsenal di musim 2022/2023 ini.

Selain itu, Martinelli juga menjadi alasan Brasil berhasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 berkat eksplosivitas permainannya di sisi lapangan.

2. Richarlison

Richarlison memang tak lagi muda. Tapi ia merupakan penyerang andalan Brasil dalam beberapa tahun terakhir di bawah arahan Tite.

Di Piala Dunia 2022 ini saja, penyerang milik Tottenham Hotspur itu mampu mencetak dua gol, di mana salah satu golnya menjadi kandidat gol terbaik turnamen.

Jauh sebelum itu, Richarlison menjadi andalan Brasil di Olimpiade Tokyo 2020 dengan sumbangan lima gol yang membuatnya menjadi top skor turnamen.

3. Antony

Aksi Antony saat Brasil kalahkan Serbia di Piala Dunia 2022. (AFP)

Antony merupakan winger muda Brasil lainnya yang menggebrak panggung sepak bola Eropa saat ini. Namanya melejit sejak membela Ajax Amsterdam dan kini bermain bagi Manchester United.

Winger berusia 22 tahun itu merupakan bagian dari skuad  Brasil saat menjuarai Olimpiade Tokyo 2020, kendati dirinya tak mencetak satu gol pun.

Tapi penampilannya di ajang itu dan penampilannya bersama Man United musim ini membuat Tite mempercayakannya satu tempat di Piala Dunia 2022.

4. Bruno Guimaraes

Bruno Guimaraes juga bukanlah pemain muda di kubu Brasil. Tapi dia menjadi salah satu pemain senior yang dipanggil ke Olimpiade 2020 lalu.

Berkat ketangguhannya di lini tengah, Brasil mampu tampil solid dalam menyerang dan bertahan sehingga berhasil meraih medali emas.

Penampilan apiknya itu berlanjut bersama Newcastle United musim ini, yang kemudian membuat Tite memanggilnya ke Piala Dunia 2022.

5. Dani Alves

Fullback Timnas Brasil, Dani Alves (kiri) tampil dalam laga Grup D cabang olahraga sepakbola Olimpiade Tokyo kontra Pantai Gading, Minggu (25/7/2021) WIB. [AFP / YOSHIKAZU TSUNO]

Dani Alves juga menjadi salah satu pemain senior di kubu Brasil yang dipanggil ke Olimpiade Tokyo 2020. Saat dipanggil, usianya sendiri sudah 38 tahun.

Berbekal pengalamannya di level teratas, skuad muda Brasil pun berhasil menghadapi rintangan dan meraih medali emas di Olimpiade 2020.

Pengalamannya itu membuat Tite kemudian memanggilnya kembali ke Piala Dunia 2022 kendati dirinya bermain di tim antah berantah dan telah berusia 39 tahun.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More