Rauhanda Riyantama
Stephanie Frappart menunjukkan medali usai memimpin pertandingan Final Piala Dunia Wanita, Amerika Serikat vs Belanda di Stadion Lyon, Prancis, 7 Juli 2019. (CHRISTOPHE SIMON / AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 melahirkan berbagai sejarah dan catatan menarik, salah satunya untuk pertama kali akan dipimpin oleh wasit wanita pertama bernama Stephanie Frappart.

Sejarah pengadil lapangan ini akan terukir di laga antara Kosta Rika vs Jerman yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Tak menjadi wanita sendirian, nantinya dalam memimpin pertandingan, Frappart akan ditemani dua asisten wasit yang juga seorang wanita yaitu Neuza Back dan Karen Diaz.

Baca Juga:
Dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas Indonesia, Ini Statistik Mentereng Ilija Spasojevic

Di Piala Dunia tahun ini, FIFA memang sudah mempersiapkan sejumlah wasit wanita untuk menjadi pengadil di lapangan. Selain Frappart, ada wasit utama lain yang seorang wanita yaitu Yoshimi Yamashita dan Salima Mukansanga serta satu asisten wasit Kathryn Nesbitt.

Lantas, siapa sebetulnya sosok Stephanie Frappart ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Stephanie Frappart

Baca Juga:
Fakhri Husaini: Sempat Vokal Sindir STY, Kini Ikuti Kursus AFC Pro

Stephanie Frappart adalah wasit kelahiran Le Plessis-Bouchard, Prancis, pada 14 Desember 1983. Ia memang dikenal sebagai salah satu wasit wanita berprestasi.

Frappart bahkan sudah menjadi wasit di usia 13 tahun saat menjadi wasit di kompetisi junior. Lalu saat usianya 18 tahun, ia sudah menjadi wasit di kompetisi U-19.

Ia tercatat sebagai wasit FIFA sejak 2011 dan sudah menorehkan berbagai prestasi serta pengalaman sebagai wasit wanita.

Baca Juga:
Jadwal Piala Dunia 2022 Malam Ini: Ada Jepang vs Spanyol, Kosta Rika vs Jerman

Dilansir dari talkSport, Frappart menjadi wasit pertama kali pada tahun 2011 ketika memimpin pertandingan di divisi ketiga Prancis. Tiga tahun berselang, ia naik kelas ke Ligue 2, sekaligus menjadikannya wanita pertama yang melakukan hal itu.

Atas pengalamannya itu, Stephanie Frappart lalu ditunjuk menjadi salah satu wasit di Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada. Kemudian, ia naik level dengan menjadi wasit wanita pertama di Ligue 1 pada 2019.

Oleh karena itu, Frappart ditunjuk menjadi wasit di laga final Piala Dunia Wanita 2019 antara Amerika Serikat melawan Belanda.

Baca Juga:
Soal Lawan Thailand di Fase Grup Piala AFF 2022, Ini Kata Shin Tae-yong

Tak cuma itu, Frappart juga ditunjuk menjadi di Piala Super Eropa 2019 yang mempertemukan Chelsea vs Liverpool. Ia menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga di kompetisi major Eropa.

Pencapaian lebih besar lagi dicatatkannya pada 2020, saat ia memimpin pertandingan kualifikasi Liga Champions UEFA di pertandingan Juventus vs Dynamo Kiev. Namanya pun semakin dikenal saat ditunjuk sebagai wasit untuk Final Coupe de France 2022 pada bulan Mei.

Puncaknya, Stephanie Frappart ditunjuk menjadi salah satu wasit yang akan bertugas di Piala Dunia 2022 Qatar dan menjadikannya sebagai wasit pertama yang memimpin laga di ajang empat tahunan tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More