Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Selebrasi Julian Alvarez usai cetak gol saat Argentina kalahkan Polandia 2-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Timnas Argentina memetik kemenangan krusial atas Polandia pada matchday terakhir Grup C Piala Dunia 2022. Hasil tersebut membuat Tim Tango lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Pada laga yang berlangsung di Stadion 974, Doha, Argentina menang dengan skor 2-0. Gol-gol Tim Tangi dicetak Alexis Mac Allister menit pertama babak kedua dan Julian Alvarez (67'), sementara Lionel Messi gagal mencetak gol penalti pada menit ke-39.

Argentina tampil begitu dominan dalam laga ini. Mereka menguasai 64 persen penguasaan bola serta menciptakan 24 peluang berbanding 3 milik Polandia, sebagaimana menyitat statistik di laman FIFA.

Baca Juga:
Meski Gagal Penalti, Lionel Messi Pecahkan Rekor Legenda Argentina

Secara keseluruhan, tim asuhan Lionel Scaloni yang mengusung formasi 4-3-3 dalam laga ini, mencatatkan 13 tembakkan tepat sasaran yang dua diantaranya menjadi gol.

Hasil ini membuat Timnas Argentina lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen Grup C dengan koleksi enam poin hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah.

Sementara satu tiket ke fase gugur lainnya digenggam Polandia (4 poin) yang meski kalah, berhasil mempertahankan posisi runner-up setelah unggul selisih gol dari Meksiko yang cuma menang 2-1 atas Arab Saudi.

Baca Juga:
Foto Bareng Jordi Amat dan Sandy Walsh, Nova Arianto Beri Wejangan Berkelas

Selain mengunci tiket babak 16 besar, kemenangan Argentina atas Polandia turut melahirkan beberapa fakta menarik, tak terkecuali untuk Lionel Messi.

Berikut 7 fakta menarik usai Argentina lumat Polandia di Piala Dunia 2022 dilansir dari Suara.com.

  1. Lionel Messi adalah pemain tertua (sejak statistik ini dicatat pada 1966) yang menciptakan 5+ peluang dan membuat 5+ dribel dalam satu laga Piala Dunia. Dia melewati Diego Maradona yang memegang predikat itu saat melawan Nigeria pada 1994.
  2. Rodrigo De Paul menyelesaikan 137 operan dari 145 percobaan dalam pertandingan melawan Polandia, terbanyak oleh pemain Argentina dalam satu laga Piala Dunia setidaknya sejak 1966.
  3. Julian Alvarez mencetak gol dalam debutnya sebagai starter di CONMEBOL Libertadores, Liga Premier Inggris, Liga Champions UEFA, Kualifikasi CONMEBOL dan hari ini melawan Polandia di Piala Dunia di Qatar.
  4. Enzo Fernandez (21 tahun 317 hari) adalah pemain termuda yang memberikan assist untuk Argentina di Piala Dunia sejak Lionel Messi melawan Serbia pada 2006 (18 dan 357).
  5. Wojciech Szczsny jadi kiper ketiga yang mampu menyelamatkan dua penalti (di luar babak adu penalti) dalam satu edisi Piala Dunia. Sebelumnya ada nama Jan Tomaszewski (1974) dan Brad Friedel (2002).
  6. Lionel Messi jadi pemain kedua setidaknya sejak 1966 yang gagal mengeksekusi dua penalti (bukan saat adu penalti) dalam satu edisi Piala Dunia. Sebelumnya, Asamoah Gyan (Ghana) gagal mencetak dua gol penalti dalam empat kesempatan.
  7. Lionel Messi kini membuat lebih banyak penampilan Piala Dunia untuk Argentina daripada pemain mana pun dalam sejarah negara, termasuk Diego Maradona.

Baca Juga:
Media Malaysia Ragu Sandy Walsh Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Meski Sudah Pindah Federasi

Load More