Arif Budi Setyanto
Timnas Vietnam vs Dortmund. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam membuat kejutan dengan mengalahkan klub papan atas Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund dalam laga uji coba, Rabu (30/11/2022) di Stadion My Dinh.

Laga uji coba ini digelar karena Dortmund memang tidak ada jadwal kompetisi karena Piala Dunia 2022 sedang bergulir. Di sisi lain, Vietnam bertanding melawan Marco Reus cs sebagai persiapan Piala AFF 2022.

Dalam laga uji coba ini tim asuhan Park Hang-seo menang tipis 2-1. Awalnya Golden Star Warriors tertinggal lebih dulu karena gol Donyell Malen pada menit ke-13.

Baca Juga:
Meski Gagal Penalti, Lionel Messi Pecahkan Rekor Legenda Argentina

Namun, Timnas Vietnam tak gentar meski kebobolan lebih dulu. Pada menit ke-36, striker andalan mereka, Nguyen Tien Linh, berhasil menyamakan kedudukan.

Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama usai. Di babak kedua, kedua tim tampil saling serang. Timnas Vietnam yang bermain di rumah sendiri tak mau kalah begitu saja.

Hingga akhirnya skuat The Golden Star mendapat hadiah penalti pada menit ke-90. T. H. Pham selaku eksekutor sukses menjalankan tugasnya dan mengubah skor menjadi 2-1.

Baca Juga:
Foto Bareng Jordi Amat dan Sandy Walsh, Nova Arianto Beri Wejangan Berkelas

Usai pertandingan ini, Park Hang-seo menegaskan kemenangan lawan Dortmund sangat penting jelang Piala AFF 2022.

Pelatih Vietnam Park Hang-seo. (bidikan layar Zing news)

"Dortmund adalah tim teratas di Jerman dan hari ini mereka punya banyak pemain kunci yang bermain. Sebagai timnas Vietnam, saya tidak bisa mengatakan bahwa hasil pertandingan hari ini tidak penting," ucap Park Hang-seo dikutip dari Soha.vn pada Kamis (1/12/2022).

"Saya puas dengan penampilan para pemain, begitu juga dengan hasil dari pertandingan (vs Dortmund)," tegas pelatih asal Korea Selatan ini.

Baca Juga:
Daftar 9 Negara yang Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Meksiko Paling Pahit

Sementara itu, Vietnam tergabung di grup B bersama Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Laos. Sedangkan di grup satunya terdapat timnas Indonesia, Thailand, Filipina, Kamboja, serta Brunei Darussalam.

Load More