Sabtu, 04 Februari 2023
Muhammad Ilham Baktora : Rabu, 30 November 2022 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart disebut bakal mencatat sejarah baru di dunia sepak bola. Wanita 38 tahun itu nantinya akan menjadi pengadil pertandingan di Piala Dunia 2022 saat Jerman menghadapi Kosta Rika di Stadion Al Bayt, Al Khor, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Sejauh ini FIFA belum pernah menerjunkan seorang pengadil lapangan dalam gelaran Piala Dunia. Banyak kecaman dari publik bahwa keputusan FIFA yang tak pernah melibatkan wanita sebagai pengadil lapangan ini mendapat sorotan.

Kali ini FIFA akhirnya memutuskan untuk memberi tugas kepada Stephanie Frappart menjadi wasit di Piala Dunia. Melansir dari Independent, Rabu (30/11/2022), Frappart bakal ditemani oleh dua pendamping wasit wanita, diantaranya Neuza Back dari Brasil dan Karen Diaz asal Meksiko.

Profil Stephanie Frappart

Wasit wanita itu mulai dikenal publik saat menjadi pengadil lapangan di Liga Champions 2020 lalu. Di mana Juventus menghadapi Dynamo Kiev dalam lanjutan perebutan Si Kuping Besar.

Frappart merupakan satu-satunya pengadil wanita yang saat itu memimpin pertandingan Liga Champions.

Tak hanya di level klub, Stephanie Frappart juga menjadi pengadil pertandingan wanita pertama saat memimpin Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Latvia, Maret lalu.

Berkarier sebagai wasit, Stephanie Frappart merupakan warga asli Herblay-sur-Seine. Sebuah wilayah yang ada di Prancis. Ia lahir pada tanggal 14 Desember 1983.

Stephanie Frappart menunjukkan medali usai memimpin pertandingan Final Piala Dunia Wanita, Amerika Serikat vs Belanda di Stadion Lyon, Prancis, 7 Juli 2019. (CHRISTOPHE SIMON / AFP)

Dirinya mulai menjadi wasit di usia yang cukup belia yakni 13 tahun. Seiring bertumbuhnya Frappart, dirinya dipercaya menjadi wasit di kejuaraan nasional U-19 di usianya ke-18 tahun.

Kariernya terus menukik hingga pada 2011 Frappart memimpin kompetisi Liga 3 sepak bola pria yang ada di Prancis.

Tiga tahun berselang, Frappart ternyata dipercaya menjadi wasit di Ligue 2. Pada 2015 dirinya baru pertama kalinya ditunjuk menjadi pengadil lapangan di Piala Dunia Wanita di Kanada.

Kariernya yang cukup mulus mengantarkan dirinya untuk naik ke level yang lebih serius. Setelah beberapa kali menjadi wasit di Piala Dunia Wanita, pada April 2019, Frappart menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Ligue 1. Saat itu, Frappart memimpin pertandingan antara SC Amiens vs RC Strasbourg.

Setahun memimpin pertandingan Ligue 1 hingga UEFA Super Cup 2019, FIFA menunjuk dirinya untuk memimpin pertandingan Liga Champions 2020. Namanya mulai banyak disorot pada laga tersebut.

Menjadi tugas berat bagi Stephanie Frappart pada pertandingan Jerman vs Kosta Rika di laga pamungkas Grup E Piala Dunia 2022. Pasalnya kedua tim akan bermain ketat untuk meraih kemenanagan. Mengingat pertandingan tersebut menjadi tiket lolos untuk menuju ke 16 besar.

BACA SELANJUTNYA

5 Tim Nasional yang Prestasinya Melesat usai Gunakan Pemain Keturunan