Rauhanda Riyantama
Penyerang Arab Saudi, Saleh Al-Shehri sujud syukur usai bobol gawang Argentina di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Menganalisa peluang wakil Asia yang tersisa untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, seiring gugurnya Qatar dan Iran di fase grup.

Piala Dunia 2022 memasuki babak akhir fase grup. Saat ini, hampir seluruh kontestan mulai bersaing memperebutkan tiket ke babak 16 besar.

Sejauh ini sudah ada tujuh tiket yang telah digenggam oleh tujuh negara kontestan, yakni Prancis, Brasil, Portugal, Belanda, Senegal, Inggris, dan Amerika Serikat.

Baca Juga:
Federasi Sepak Bola Wanita Ucapkan Selamat Kepada Sandy Walsh usai Perpindahan Federasinya Diterima FIFA

Kini, hanya ada sembilan tiket tersisa yang akan diperebutkan oleh 20 tim yang masih berpeluang untuk lolos ke babak gugur.

Seperti biasanya, tim-tim asal Eropa dan Amerika Latin dijagokan untuk bisa merebut sembilan tiket tersisa ke babak 16 besar.

Sedangkan wakil zona lainnya seperti Asia, diprediksi akan kesulitan bersaing dengan negara lainnya untuk bisa meraih tiket ke babak 16 besar tersebut.

Baca Juga:
Mengenal Stadion KLFA Malaysia, Venue Pertama Timnas Indonesia Hadapi Brunei Darussalam di Piala AFF 2022

Di Piala Dunia 2022 ini, zona Asia diwakili oleh enam negara. Dari enam negara tersebut, dua negara yakni Qatar dan Iran sudah dipastikan tersingkir.

Alhasil, kini tersisa empat negara Asia saja yang akan bersaing memperebutkan sembilan tiket tersisa untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia.

Lantas, bagaimana peluang keempat wakil Asia tersisa itu untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia? Berikut ulasannya.

Baca Juga:
5 Situs Streaming Nonton Piala Dunia 2022, Bisa Jadi Alternatif

1. Arab Saudi

Arab Saudi merupakan wakil Asia di grup C Piala Dunia 2022. Saat ini, tim berjuluk The Green Falcons itu berada di peringkat ketiga grup C dengan raihan tiga poin, sama dengan Argentina di posisi kedua dan tertinggal satu poin dari Polandia.

Secara matematis, Arab Saudi masih berpeluang lolos ke babak 16 besar, dengan catatan harus menang di laga terakhir melawan Meksiko.

Baca Juga:
Resmi Bisa Perkuat Timnas Indonesia, Sandy Walsh Pamer Skill Menawan di Sesi Latihan

Andai menang atas Meksiko, maka Arab Saudi akan memiliki enam poin. Sehingga, raihan ini cukup untuk membawa The Green Falcons untuk lolos ke babak 16 besar tanpa mempedulikan hasil antara Polandia vs Argentina.

2. Australia

Australia merupakan wakil Asia di grup D Piala Dunia 2022. Saat ini, Socceroos berada di posisi kedua dengan raihan tiga poin, unggul dua poin atas Denmark dan Tunisia di peringkat ketiga dan keempat.

Dengan keunggulan ini, peluang Australia ke babak 16 besar cukup terbuka lebar. Pasalnya, anak asuh Graham Arnold hanya membutuhkan kemenangan atau minimal hasil imbang saja di laga terakhir kontra Denmark.

Namun hasil imbang ini belumlah terbilang aman. Jika memang laga kontra Denmark berakhir imbang, Australia harus berharap Tunisia tak berhasil menang atas Prancis.

3. Jepang

Dari grup E, ada Jepang yang juga masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Tim Samurai Biru saat ini duduk di peringkat kedua grup dengan tiga poin, tertinggal satu poin dari Spanyol di puncak.

Raihan poin Jepang ini sama dengan Kosta Rika yang ada di posisi ketiga dan unggul dua poin dari Jerman yang ada di posisi juru kunci.

Di laga terakhir, Jepang akan bersua Spanyol. Agar bisa lolos ke babak 16 besar, Samurai Biru menjalani misi sulit yakni wajib menang atas La Furia Roja agar poinnya tak terkejar oleh Kosta Rika atau Jerman.

4. Korea Selatan

Nasib Korea Selatan bisa dikatakan tak mujur ketimbang tiga wakil Asia lainnya di daftar ini. Sebab, peluang Taeguk Warriors untuk lolos ke 16 besar terbilang tipis.

Korea Selatan yang baru mengumpulkan satu poin sejauh ini, akan menghadapi Portugal di laga terakhirnya. Agar lolos ke 16 besar, Taeguk Warriors pun harus menang atas lawan kuatnya itu.

Tak hanya harus menang, anak asuh Paulo Bento juga harus agar Uruguay bisa mengalahkan Ghana dengan skor 2-0 saja, tak boleh kurang dan tak boleh lebih.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More