Rauhanda Riyantama
Lionel Messi nampak sedih usai Argentina kalah awan Arab Saudi 1-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara top yang terancam gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, di mana salah satunya adalah Argentina.

Piala Dunia 2022 mulai memasuki laga pamungkas fase grup. Di laga terakhir babak grup ini, mayoritas kontestan akan bersaing memperebutkan tiket ke fase gugur, yakni 16 besar.

Sejauh ini, sudah ada tujuh negara yang telah memastikan tiket di 16 besar. Ketujuh negara tersebut antara lain Prancis, Brasil, Portugal, Belanda, Senegal, Inggris dan Amerika Serikat.

Baca Juga:
Respons Tak Terduga Pahlawan Piala AFF 2016 usai Ilija Spasojevic Masuk Skuad Timnas Indonesia

Lolosnya tujuh negara ini pun membuat tiket 16 besar Piala Dunia 2022 hanya menyisakan sembilan tiket saja yang akan diperebutkan 20 negara tersisa.

Dari 20 negara tersebut, ada beberapa negara top yang turut akan bersaing memperebutkan sembilan tiket tersisa ke babak 16 besar.

Tak ayal, beberapa negara top yang turut bersaing memperebutkan sembilan tiket tersisa itu punya potensi tersungkur dan gagal lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga:
Hadapi Polandia di Piala Dunia 2022, Messi bakal Salip Rekor Milik Diego Maradona

Lantas, negara top mana saja yang terancam gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022? Berikut daftarnya.

1. Argentina

Argentina menjadi salah satu negara yang terancam tak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, menyusul raihan tiga poin yang didapatkan dari dua pertandingan grup C.

Baca Juga:
Haru, Makna Selebrasi Marcus Rashford ke Gawang Wales di Piala Dunia 2022

Di laga terakhir, Argentina akan menghadapi pemuncak klasemen grup C, Polandia. Sedangkan di laga lainnya, Arab Saudi akan bertemu Meksiko.

Jika Argentina kalah atau imbang lawan Polandia dan Arab Saudi menang atas Meksiko, maka Lionel Messi dkk harus angkat koper lebih cepat dari Piala Dunia 2022.

2. Belgia

Baca Juga:
Foto Bareng Sandy Walsh di TC Timnas Indonesia, Saddil Ramdani Keluarkan Komentar Kocak

Tak hanya Argentina saja tim unggulan yang terseok-seok di fase grup Piala Dunia 2022. Ada pula tim bertabur bintang sekelas Belgia yang juga kesulitan menyegel tiket ke 16 besar lebih cepat di grup F.

Belgia saat ini berada di posisi ketiga grup F dengan raihan tiga poin, tertinggal satu poin dari Kroasia dan Maroko yang ada di posisi pertama dan kedua.

Di laga terakhir nanti, Belgia akan menghadapi Kroasia. Jika tak ingin tersingkir lebih cepat, De Rode Duivels pun harus menang di laga pamungkas ini.

3. Jerman

Berbeda dengan Argentina dan Belgia, Jerman berada di posisi yang amat sulit setelah hanya menempati posisi juru kunci grup E dari dua pertandingan yang dimainkan.

Jerman harus duduk di posisi juru kunci grup E karena baru mengumpulkan satu poin, tertinggal dua poin dari Kosta Rika serta Jepang, dan tertinggal tiga poin dari Spanyol.

Di laga terakhir, Jerman butuh kemenangan atas Kosta Rika agar bisa lolos. Tapi kemenangan dirasa tak cukup menjamin langkah Der Panzer, karena Thomas Muller dkk harus berharap Spanyol mengalahkan Jepang.

4. Uruguay

Sama seperti Jerman, Uruguay selaku juara dunia dua kali, juga tengah terseok-seok di fase grup Piala Dunia 2022 ini setelah hanya menempati posisi juru kunci grup H.

Uruguay sendiri baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan yang dimainkan, sama seperti Korea Selatan yang ada di peringkat ketiga dan tertinggal dua poin dari Ghana di posisi kedua.

Di laga terakhir, Uruguay akan berhadapan dengan Ghana. Karena grup H hanya menyisakan satu tiket tersisa, maka kedua tim akan mati-matian untuk menang.

5. Spanyol

Sejatinya cukup aneh memasukkan nama Spanyol di daftar ini karena statusnya sebagai pemuncak klasemen grup E. Tapi, posisi La Furia Roja belumlah aman secara matematis.

Pasalnya, Spanyol baru mengumpulkan empat poin. Dengan satu laga tersisa, poinnya masih bisa disalip oleh calon lawannya di laga terakhir, Jepang, dan juga Kosta Rika.

Spanyol pun berpotensi tak lolos jika di laga terakhir grup E nanti tumbang dari Jepang dan Kosta Rika membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More