Rauhanda Riyantama
Striker Korea Selatan, Cho Gue-sung. (Twitter)

Bolatimes.com - Penyerang Timnas Korea Selatan, Cho Gue-sung, mencuri perhatian di Piala Dunia 2022. Bukan cuma karena aksinya di atas lapangan, tapi juga karena parasnya dianggap mirip aktor Drama Korea alias drakor.

Pada pertandingan melawan Ghana di matchday kedua Grup H, Senin (28/11), Chou mencetak dua gol di menit 58 dan 61. Sayang, brace darinya tak bisa menghindarkan Korea dari kekalahan 2-3.

Meski Korea Selatan harus menelan kekalahan, Cho Gue-sung tetap menjadi bintang di lapangan hijau. Cho trending di Twitter dan media sosial lainnya karena skill permainannya yang ciamik.

Baca Juga:
Qatar Tersingkir Dini dari Piala Dunia 2022, Pelatih Blak-blakan Memang Tak Pasang Target Tinggi

Tak hanya itu saja, visual Cho Gue-sung juga ikut disorot. Pesepak bola kelahiran 1998 tersebut memang memiliki visual memesona yang tak kalah dari idol atau aktor Korea lainnya.

Lantas, siapa sebetulnya Cho Gue-sung ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Cho Gue-sung

Baca Juga:
Malaysia Ditinggal 2 Pemain Lagi Jelang Piala AFF 2022, Kim Pan-gon Beri Respons Tak Terduga

Cho Gue-sung adalah pesepakbola kelahiran Ansan, Korea Selatan, pada 25 Januari 1998. Ia punya postur ideal sebagai seorang striker yaitu 188 cm.

Meski kini dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik di Korea Selatan, Chou justru memulai karier sepakbolanya sebagai seorang gelandang bertahan saat di level junior dan tingkat kuliah.

Chou tercatat pernah menimba ilmu di akademi Anyang Technical High School, lalu di FC Anyang, hingga akhirnya berkuliah di Universitas Gwangju.

Baca Juga:
Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Laga Hidup Mati Argentina Lawan Polandia

Setelah lulus dari Gwangju, Cho Gue-sung lalu direkrut oleh FC Anyang lagi pada 2019 yang saat itu mentas di K League 2. Di musim perdananya sebagai pesepakbola profesional, Cho tampil impresif.

Cho Gue-sung masuk ke daftar 11 pemain terbaik K League 2 dan menempati peringkat ketiga dalam daftar top skor dengan torehan 14 gol dari 33 laga.

Atas penampilan apik itu, Cho direkrut oleh klub K League 1, Jeonbuk Hyundai Motors pada 2020. Pada musim perdananya di sana, Cho kesulitan dengan janya mencetak 8 gol dari 34 laga di semua ajang meski pada akhirnya Jeonbuk keluar sebagai kampiun K League 1 2020 dan Piala FA Korea 2020.

Baca Juga:
Resmi Pindah Federasi, Sandy Walsh Diharapkan Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023

Pada musim 2021, Cho dipinjamkan ke Gimcheon Sangmu yang saat itu mentas di K League 2, sekaligus ia menjalani wajib militer.

Selama berlatih di Gimcheon dan menjalani wajib militer Cho Gue-sung meningkatkan kemampuan fisik dan tekniknya sehingga bisa kembali tampil impresif.

Setelah membawa Gimcheon juara K League 2 2021 dan sempat bermain setengah musim di K League 1 2022 bersama Gimcheon, Cho Gue-sung pulang ke Jeonbuk.

Performa Cho Gue-sung semakin meningkat hingga akhirnya menuntaskan musim 2022 dengan status juara Piala FA Korea dan top skor K League 1 dengan 21 gol.

Di level tim nasional, Cho Gue-sung sempat membela Timnas Korea Selatan U-23 dan menjuarai Piala Asia U-23 2020. Ia Cho Gue-sung lalu debut di timnas senior Korea Selatan pada September 2021 dan kini sudah mengoleksi 18 caps dengan torehan 6 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More