Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Potret pemain Timnas Inggris saat hajar Iran 6-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Inggris akan menghadapi Wales pada matchday ketiga atau laga terakhir Grup B Piala Dunia 2022. Begini hitung-hitungan The Three Lions untuk lolos ke babak 16 besar.

Peluang Timnas Inggris untuk melaju ke fase gugur Piala Dunia 2022 terbuka lebar. Mereka untuk sementara memuncaki klasemen dengan koleksi empat poin dari dua laga.

Setelah menang telak 6-2 atas Iran di matchday pembuka Grup B, Tim Tiga Singa harus puas berbagi poin dengan Amerika Serikat usai bermain imbang tanpa gol.

Baca Juga:
Catat Rekor Baru, Lagu OST Piala Dunia 2022 yang dinyanyikan Jung Kook BTS Ini Masuk Jajaran Tangga Lagu Populer AS

Terkini, tim asuhan pelatih Gareth Southgate akan menghadapi saudaranya di Britania Raya yakni Wales pada matchday ketiga atau terakhir fase grup.

Duel Wales vs Inggris bakal berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar pada Rabu (30/11/2022) pukul 02.00 WIB alias kick-off serentak dengan laga Grup B lainnya yakni Iran vs Amerika Serikat.

Merujuk klasemen Grup B, timnas Inggris menjadi tim paling berpeluang untuk melaju ke babak 16 besar. Pasalnya, mereka cuma butuh hasil imbang untuk mengunci tiket ke fase gugur tersebut.

Baca Juga:
Justin Hubner Semangati Marc Klok, Diminta Netizen Gabung TC Timnas Indonesia Senior

Inggris saat ini unggul satu poin dari Iran di urutan kedua dan unggul dua poin dari Amerika Serikat di tempat ketiga.

Sementara dengan Wales, Inggris unggul tiga poin lantaran tim yang diperkuat Gareth Bale itu cuma meraih satu hasil imbang dan satu kekalahan dalam dua matchday pertamanya.

Berikut hitung-hitungan Timnas Inggris lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Daftar Nominasi BWF Awards 2022, Ada Fajar/Rian dan Rehan/Lisa

Juara Grup

Inggris akan lolos sebagai juara grup apabila berhasil menang atas Wales tak peduli hasil apapun yang terjadi di laga Iran vs Amerika Serikat.

Inggris juga bisa lolos sebagai juara grup dengan bermain imbang kontra Wales dengan syarat duel Iran vs AS juga harus berakhir tanpa pemenang atau The Yanks--julukan Timnas AS-- menang dengan skor tak lebih dari 4-0.

Baca Juga:
Mohammed Kudus Dipuji Selangit usai Jadi Pahlawan Kemenangan Ghana atas Korea Selatan

Negara yang meraih gelar juara Piala Dunia 1966 itu juga masih bisa lolos meskipun kalah dari Wales dengan skor di bawah 0-3 dengan syarat Iran vs Amerika berakhir imbang.

Runner-up Grup

The Three Lions akan lolos sebagai runner-up Grup B andai imbang dari Wales dan di sisi lain Iran mengalahkan AS atau AS menang lebih dari empat gol atas Iran.

Harry Maguire dan kawan-kawan juga bakal lolos sebagai runner-up Grup B andai kalah dari Wales tetapi di bawah margin empat gol.

Calon Lawan Inggris Jika Lolos 16 Besar

Apabila lolos sebagai juara Grup B, timnas Inggris akan menghadapi runner-up Grup A, sementara jika lolos sebagai runner-up, Tim Tiga Singa bakal melawan juara Grup A. Pertandingan akan berlangsung antara 3-4 Desember 2022.

Load More