Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Cristiano Ronaldo terlanjur selebrasi yang ternyata golnya adalah milik Bruno Fernandes saat Portugal kalahkan Uruguay 2-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Timnas Portugal berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai kalahkan Uruguay. Namun laga tersebut menyisakan perdebatan siapa pencetak gol pertama A Selecao, apakah Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes?

Duel Portugal vs Uruguay tersaji dalam matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, Selasa (29/11/2022) itu, tim besutan Fernando Santos menang 2-0.

Gol pembuka Portugal terjadi pada menit ke-54. Hal itu berawal dari umpan Bruno Fernandes dari kanan pertahanan lawan disambut oleh sundulan Cristiano Ronaldo di kotak penalti.

Baca Juga:
Hujan dan Petir Tak Masalah, Shin Tae-yong Keluhkan Satu Hal Ini saat TC Timnas Indonesia

Pada awalnya, akun Twitter @FIFAWorldCup menyebut gol itu milik Cristiano Ronaldo, sebelum laman resminya mencatat Bruno Fernandes sebagai pencetak gol.

Dalam tayangan ulang, kepala Ronaldo memang terlihat tidak mengenai bola meski sang pemain melakukan gerakan sundulan seolah-olah membelokan bola masuk ke gawang. Sekilas hanya rambutnya yang menyentuh.

Aksi Cristiano Ronaldo menyambut assist Bruno Fernandes dan menjadi gol pertama Portugal lawan Uruguay. (Twitter)

Namun, di atas lapangan, CR7 dan pemain lain kemungkinan tidak menyadarinya. Ronaldo bahkan sudah kadung selebrasi heboh untuk merayakan gol tersebut.

Baca Juga:
Piala Dunia 2022: Golnya Sempat Diklaim Cristiano Ronaldo, Ini Respons Mengejutkan Bruno Fernandes

Bruno Fernandes sendiri mengakui bahwa dia tak berpikir bahwa itu golnya. Dia menegaskan yang terpenting bukan siapa sang pencetak gol tetapi hasil akhir di mana Portugal meraih kemenangan.

“Saya tidak berpikir penting siapa yang mencetak gol,” kata Fernandes tentang gol pertama Portugal dikutip dari AP News, Selasa (29/11/2022).

"Perasaan saat itu adalah dia (Ronaldo) menyentuh bola - saya mengumpankannya - tapi yang penting adalah kami melaju ke babak berikutnya dan mengalahkan lawan yang sangat bagus," pungkasnya.

Baca Juga:
Reaksi Kalem Bruno Fernandes usai Golnya 'Diklaim' Cristiano Ronaldo

Meski demikian, tanggapan Ronaldo berbeda dengan Fernandes. Beredar rekaman di Twitter yang memperlihatkan striker 37 tahun itu tak puas dengan keputusan wasit.

Pemain yang kontraknya telah diakhiri oleh Manchester United itu terlihat melakukan protes dengan menunjukkan gestur bahwa kepalanya mengenai bola.

Terkini, media Spanyol El Chiringuito melaporkan bahwa PSSI-nya Portugal alias Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) bakal menghubungi FIFA dan mengirim bukti bahwa gol pertama mereka dicetak Ronaldo.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik usai Brasil Taklukkan Swiss, Nomor 1 Kemenangan Perdana Tim Samba

"Federasi Sepak Bola Portugal akan mengirim bukti ke FIFA bahwa gol tersebut dicetak Cristiano Ronaldom" tulis El Chiringuito di Twitter, Selasa (29/11/2022).

Di sisi lain, pelatih timnas Portugal Fernando Santos enggan meributkan masalah tersebut. Dia menyebut yang terpenting Portugal meraih kemenangan.

"Saya pikir itu pertandingan yang hebat. Tim kami bermain sangat baik dan sisanya [termasuk perdebatan gol Ronaldo dan Bruno Fernandes), bagi saya, tidak masalah," pungkas Santos dikutip dari ESPN.

Load More