Rauhanda Riyantama
Gelandang Brasil, Casemiro merayakan gol ke gawang Swiss pada laga kedua Piala Dunia 2022, Selasa diniari. (FIFA World Cup)

Bolatimes.com - Daftar tim yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Secara keseluruhan, baru ada tiga yang berhasil melaju mulus dari fase grup hingga Selasa (29/11/2022).

Timnas Brasil dan Timnas Portugal jadi dua tim terbaru yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka menyusul Prancis yang memastikan satu tiket lebih dulu.

Sebagaimana diketahui, Brasil lolos ke 16 besar usai kalahkan Swiss 1-0 pada matchday kedua Grup G, Senin (28/11/2022) malam WIB. Gol tunggal Tim Samba dicetak Casemiro.

Baca Juga:
Kualitasnya Bakal Diuji, Elkan Baggott Berpotensi Hadapi Jamie Vardy di Piala FA

Sementara Portugal lolos ke 16 besat berkat kemenangan melawan Uruguay 2-0 pada matchday kedua Grup H. Dua gol A Selecao diborong oleh Bruno Fernandes.

Meski menang meyakinkan, Portugal sejatinya mendapat perlawanan sengit dari La Celeste khususnya di babak kedua. Luis Suarez dan kawan-kawan beberapa kali memiliki peluang untuk mencetak gol.

Pada akhirnya, perubahan taktik dan pergantian pemain yang dilakukan Fernando Santos jadi kunci kemenangan Portugal.

Baca Juga:
7 Wakil Indonesia Sudah Lolos, Berikut Jadwal BWF World Tour Finals 2022

Masuknya Matheus Nunes, Goncalo Ramos dan Joao Palhinha menggantikan Joao Felix, Ronaldo dan William Carvalho pada menit 83 pun beruah hasil instan.

Pada menit ke-90, wasit memberikan Portugal hadiah penalti setelah Jose Maria Gimenez dianggap melakukan handball di kotak terlarang. Fernandes selaku algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk membawa timnya menang 2-0.

Kemenangan ini membuat Portugal untuk sementara memuncaki klasemen Grup H dan dipastikan mengunci satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Apriyani/Fadia Diundang ke BWF World Tour Finals 2022, Wakil Indonesia Makin Lengkap

Tim asuhan Fernando Santos untuk sementara mengoleksi enam poin hasil dari sapu bersih kemenangan di dua laga pertama.

Jumlah poin itu sudah tidak mungkin dikejar dua negara berperingkat terbawah yakni Korea Selatan dan Uruguay yang sama-sama baru mengoleksi satu poin dari dua laga.

Sementara di posisi kedua terdapat Ghana yang mengoleksi tiga poin usai mengalahkan Korea Selatan pada matchday kedua. Mereka akan menghadapi Uruguay di partai terakhir dalam laga hidup mati.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Grup H Piala Dunia 2022: Portugal Mulus ke 16 Besar, Uruguay Harap-harap Cemas

Berikut daftar tim yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Prancis (Grup D)
Brasil (Grup G)
Portugal (Grup H)

Berikut daftar tim yang tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022.

Qatar (Grup A)
Kanada (Grup F)

Load More