Rauhanda Riyantama
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol saat Portugal kalahkan Ghana 3-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut tujuh pemain yang berhasil cetak gol penalti selama Piala Dunia 2022 bergulir. Di mana dua di antaranya adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Piala Dunia 2022 telah bergulir kurang lebih selama delapan hari. Total sudah ada 28 pertandingan yang telah dimainkan hingga hari ini, Senin (28/11) pagi WIB.

Dari 28 pertandingan yang telah dimainkan di fase grup sejauh ini, total sudah ada 67 gol yang telah diciptakan oleh seluruh kontestan.

Baca Juga:
Utusan PSSI Jelaskan Alasan Banyak Pemain Keturunan Tak Kunjung Dipanggil ke Timnas Indonesia U-20

Dari 67 gol yang telah tercipta itu, mayoritas gol berasal dari skema Open Play atau situasi hidup, yakni sebuah gol yang dilakukan lewat proses penyerangan.

Sedangkan beberapa di antaranya didapatkan lewat skema Set Pieces atau gol yang tercipta dari situasi bola mati seperti tendangan bebas, sepak pojok, lemparan ke dalam, dan penalti.

Berbicara soal penalti di Piala Dunia 2022 ini, total sudah ada 10 penalti yang tercipta. Namun dari 10 penalti itu, hanya ada tujuh penalti saja yang membuahkan gol.

Baca Juga:
Suporter di Qatar Bawa Poster Mesut Ozil sambil Tutup Mulut, Sindiran untuk Timnas Jerman?

Kira-kira, siapa saja pemain yang berhasil mencetak penalti di Piala Dunia 2022 per Senin (28/11) pagi WIB? Berikut daftarnya.

1.  Enner Valencia (Qatar vs Ekuador)

Penalti pertama yang tercipta di Piala Dunia 2022 terjadi di laga pembuka antara Qatar vs Ekuador. Saat itu, Enner Valencia berhasil mengeksekusi penalti di menit ke-16 babak pertama.

Baca Juga:
Tak Pernah Menang di Dua Laga, Begini Hitung-hitungan Jerman Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

2. Mehdi Taremi (Inggris vs Iran)

Penalti kembali hadir di laga kedua Piala Dunia 2022 saat Inggris bersua Iran. Adalah Mehdi Taremi yang berhasil mencetak gol penalti di penghujung laga yang membuat timnya tumbang dengan skor 2-6.

3. Gareth Bale (Amerika Serikat vs Wales)

Baca Juga:
3 Gelandang Andalan Absen, Luis Milla Puas Persib Bandung Kalahkan Persikabo 1973

Masih dari grup B. Setelah gol penalti di laga Inggris vs Iran, Gareth Bale kemudian mencetak gol penalti di laga Amerika Serikat vs Wales, yang membuat timnya mampu meraih satu poin.

4. Lionel Messi (Argentina vs Arab Saudi)

Usai laga-laga di grup B, laga perdana grup C juga menghadirkan penalti saat Argentina melawan Arab Saudi. Di laga itu, Lionel Messi mampu mencetak gol penalti, namun gagal membawa timnya menang.

5. Ilkay Gundogan (Jerman vs Jepang)

Sama seperti Messi, Ilkay Gundogan juga berhasil mencetak gol penalti kala Jerman bersua Jepang. Nahas, gol penalti itu tetap membuat Der Panzer tumbang dari Samurai Biru.

6. Ferran Torres (Spanyol vs Kosta Rika)

Usai laga Jerman vs Jepang, grup E menghadirkan gol penalti lainnya lewat Ferran Torres saat Spanyol menggulung Kosta Rika dengan skor 7-0.

7. Cristiano Ronaldo (Portugal vs Ghana)

Tak mau kalah dari Lionel Messi, Cristiano Ronaldo juga berhasil mencatatkan namanya di papan skor di Piala Dunia 2022 lewat titik putih kala Portugal menghajar Ghana dengan skor 3-2.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More