Irwan Febri Rialdi
Penyerang Maroko, Zakaria Aboukhlal, merayakan gol kedua timnya selama pertandinganGrup F Piala Dunia 2022 melawan Belgia di Stadion Al-Thumama di Doha pada 27 November 2022. (AFP/Glyn Kirk)

Bolatimes.com - Timnas Maroko membuat kejutan dengan mengalahkan negara peringkat kedua FIFA Belgia dengan skor 2-0 pada pertandingan Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Stadion Al Thumama, Al Thumana, Qatar, Minggu (27/11/2022).

Dua gol kemenangan dicetak oleh Abdelhamid Sabiri pada menit ke-73 dan aksi Zakaria Aboukhlal (90+2).

Berkat kemenangan itu, Maroko menduduki peringkat pertama klasemen sementara Grup F Piala Dunia 2022 dengan torehan 4 poin dari dua laga, sedangkan Belgia tertahan di posisi kedua dengan raihan tiga poin.

Pada pertandingan tersebut, Belgia mendominasi dengan mencatatkan 67 persen penguasaan bola dan melepaskan 10 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Meski kalah dalam urusan penguasaan bola, Maroko mampu tampil efektif setelah melepaskan 10 tendangan yang empat tepat sasaran dan dua lainnya berbuah menjadi gol.

Pada babak pertama, Maroko berusaha untuk mencuri keunggulan terlebih dahulu melalui upaya Hakim Ziyech yang umpan silangnya mampu diamankan oleh kiper Belgia Thibaut Courtois.

Belgia sempat beberapa kali mendapatkan peluang melalui tendangan bebas Kevin De Bruyne, namun upaya gelandang Manchester City itu tidak membuahkan hasil.

Maroko sempat mencetak gol pada menit 45+2 melalui tendangan bebas dari Hakim Ziyech, namun pada akhirnya dianulir oleh VAR karena bek Romain Saiss berada dalam posisi offside serta menghalangi pandangan Courtois sehingga skor 0-0 bertahan pada turun minum.

Pada babak kedua, Maroko terus membuat Belgia kerepotan, akan tetapi kurangnya penyelesaian akhir yang matang membuat skuad asuhan Walid Regragui tidak dapat mencetak gol.

Maroko akhirnya mampu unggul lebih dulu pada menit ke-73 melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Abdelhamid Sabiri dari sisi kanan kotak penalti Belgia dan bola tak mampu dijangkau Courtois sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Berada di atas angin, Maroko memastikan diri keluar sebagai pemenang setelah mencetak gol kedua melalui Zakaria Aboukhlal yang memanfaatkan umpan Ziyech pada menit 90+2 sehingga skor berubah menjadi 2-0. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya Maroko akan menghadapi Kanada di pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022, Kamis (1/12), sedangkan Belgia akan berjumpa sesama perwakilan Eropa, Kroasia, di hari yang sama.

Maroko setidaknya perlu mengamankan satu poin ketika jumpa Kanada agar bisa memastikan diri lolos ke babak selanjutnya, sedangkan Belgia harus mengamankan kemenangan kontra Kroasia untuk bisa mengamankan satu tempat di 16 besar Piala Dunia 2022.

(Antara)

Load More