Irwan Febri Rialdi
Bek Kosta Rika, Keysher Fuller, merayakan gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia 2022 Qatar antara Jepang dan Kosta Rika di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, barat Doha pada 27 November 2022. (AFP/Raul Arboleda)

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia 2022, Kosta Rika membuat kejutan dengan mengalahkan Jepang dalam laga matchday 2 Grup E Piala Dunia 2022. Setelah dicukur 0-7 oleh Spanyol, mereka bangkit dan meraih kemenangan.

Timnas Jepang menyerah lewat gol pemain sayap Timnas Kosta Rika, Keysher Fuller, yang lahir di menit ke-81 laga yang dihelat di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Minggu (27/11/2022) petang WIB ini.

Dengan kemenangan ini, persaingan ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari Grup E pun jadi semakin seru.

Jepang masih tertahan di peringkat kedua klasemen Grup E dengan poin 3 dari dua pertandingan, unggul selisih gol atas Kosta Rika yang ada di posisi ketiga.

Laga lain dari Grup ini, yakni big match Spanyol vs Jerman akan dihelat Senin (28/11/2022) dini hari WIB nanti.

Di Stadion Ahmed bin Ali, setelah lebih banyak ditekan sepanjang laga, khususnya di paruh kedua, Kosta Rika justru mampu mencetak gol pada menit ke-81.

Bek sayap Keysher Fuller membobol gawang Jepang lewat tembakan melengkung dengan kaki kiri yang mengarah ke pojok atas.

Secara statistik, Jepang sebenarnya unggul segala-galanya atas Kosta Rika. Tim Samurai Blue unggul ball possession mencapai 57 persen, dan juga percobaan tembakan yakni 13 berbanding 4.

Akan tetapi, Kosta Rika memang lebih klinis dan bisa dibilang dinaungi dewi fortuna. Los Ticos mencetak gol dari satu-satunya percobaan tembakan tepat sasaran mereka di sepanjang pertandingan. 

Susunan Pemain Jepang vs Kosta Rika:

Timnas Jepang XI (4-2-3-1): Shuichi Gonda (GK); Miki Yamane, Kou Itakura, Maya Yoshida (C), Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Ritsu Doan, Daichi Kamada, Yuki Soma; Ayase Ueda.

Pelatih: Hajime Moriyasu

Timnas Kosta Rika XI (5-3-2): Keylor Navas (GK/C); Keysher Fuller, Oscar Duarte, Francisco Calvo, Bryan Oviedo, Kendall Waston; Celso Borges, Yeltsin Tejeda, Gerson Torres; Anthony Contreras, Joel Campbell.

Pelatih: Luis Fernando Suarez

(Suara.com/Rully Fauzi)

Load More