Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Polandia Piotr Zielinski jebol gawang Arab Saudi di Piala Dunia 2022. (AFP/MANAN VATSYAYANA)

Bolatimes.com - Gelandan Timnas Polandia, Piotr Zielinski rupanya memiliki sisi kemanusiaan yang besar. Dia diketahui membangun panti asuhan khusus untuk menampung anak-anak kurang mampu.

Zielinski, tentu saja, tidak mencurahkan sepenuhnya waktu untuk mengurusi badan amal yang ia bangun. Pasalnya, ia merupakan pesepakbola top dunia yang punya sederet agenda.

Salah satunya adalah membela Polandia di Piala Dunia 2022. Zielinski pun jadi sosok penting dengan menyumbang satu gol saat Polandia mengalahkan Arab Saudi 2-0 di laga kedua Grup C, Sabtu (26/11/2022) malam WIB.

Kendati sibuk, Zielinski tetap memiliki waktu untuk membantu anak-anak kurang mampu. Gelandang berusia 28 tahun itu pun memiliki badan aman yang diberi nama Peter Pan. 

Dilansir dari Sportbible, Zielinski dikabarkan membeli dua bangunan dan merenovasinya. Hal tersebut dilakukan untuk membuat panti asuhan dan menampung anak-anak yang kurang mampu.

Yayasan yang kemudian diberi nama Peter Pan ini terletak di Zabkowice, sebuah kota di Provinsi Silesia Hilir barat daya Polandia, yang sekaligus merupakan kampung kelahiran Zielinski.

Lantas, siapa sebetulnya Piotr Zielinski ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Piotr Zielinski

Lahir di Zabkowice pada 20 Mei 1994, sosok bernama lengkap Piotr Sebastian Zielinski ini lahir di keluarga atlet. Ia punya dua saudara laki-laki yang juga seorang pesepakbola profesional, Pawel dan Tomasz Zielinski.

Karier sepak bola Zielinski dimulai dengan bergabung bersama akademi lokal Orzel Zabkowice Slaskie. Ia lalu pindah ke akademi Zaglebie Lubin dari 2007-2011.

Zielinski kemudian memutuskan merantau pada 2011 dengan masuk tim junior Udinese. Ia direkrut oleh tim asal Italia tersebut melalui scouting dari turnamen junior internasional.

Satu tahun di tim junior, Zielinski debut di tim utama pada November 2012. Di musim 2012/13 itu, Zielinski cuma tampil 9 kali. Pun di musim keduanya cuma tampil 11 kali di semua ajang.

Zielinski lalu dipinjamkan ke Empoli selama dua musim dari 2014/14-2015/16. Di sini ia mulai mendapat kesempatan dengan total mencetak 5 gol dari 66 laga.

Oleh karena itu, Napoli rela merogoh kocek hingga 16 juta euro untuk memboyong Zielinski pada musim 2016/17. Pada musim perdananya di Partenopei, Zielinski mampu mencetak 6 gol dari 47 laga semua ajang.

Zielinski sejak saat itu menjadi gelandang andalan di Napoli. Hingga musim 2022/23 berjalan, Zielinski sudah melakoni 302 laga di semua ajang dengan 46 gol buat Napoli.

Di level tim nasional, Zielinski melakoni debutnya buat timnas senior Polandia pada Juni 2013. Sejauh ini, ia sudah mengantongi 76 caps dengan 10 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More