Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Enner Valencia cetak gol penyama kedudukan saat Ekuador tahan imbang Belanda 1-1. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Belanda hanya bermain imbang lawan Ekuador pada matchday kedua Grup A Piala Dunia 2022, Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB. Menarik di bahas seputar fakta menarik usai pertandingan tersebut.

Duel Belanda vs Ekuador yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar itu berjalan alot. Pertandingan pada akhirnya rampung dengan skor 1-1.

Belanda unggul lebih dulu lewat gol cepat Cody Gakpo saat pertandingan baru berjalan 6 menit. Namun, Ekuador berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua melalui Enner Valencia (49').

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022 Inggris vs Amerika Serikat: The Three Lions Ditahan Imbang 0-0

Melansir statistik di laman resmi FIFA, Belanda tampil begitu buruk. Selepas gol Gakpo, De Oranje hampir tidak mencatatkan peluang berbahaya ke gawang Ekuador.

Belanda tercatat cuma mampu melepaskan dua tembakkan yang satu diantaranya menjadi gol. Hal itu berbanding terbalik dengan Ekuador yang berhasil menciptakan 14 peluang yang empat diantaranya tepat sasaran.

Hasil imbang ini tidak hanya membuat Belanda dan Ekuador untuk sementara menduduki dua posisi teratas di klasemen Grup A dengan koleksi empat poin.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022 Belanda vs Ekuador: Laga Berakhir Imbang 1-1, Qatar Dipastikan Tersingkir

Namun, hasil ini juga memastikan tuan rumah Qatar menjadi tim pertama yang tersingkir di Piala Dunia 2022 meski fase grup baru memasuki matchday kedua.

Qatar untuk sementara terdampar di dasar klasemen dengan koleksi nol poin setelah selalu kalah dalam dua matchday pertamanya. Di matchday terakhir, mereka akan menghadapi Belanda, sementara Ekuador ditantang Senegal.

Berikut 5 Fakta Menarik usai Belanda Ditahan Imbang Ekuador

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022 Qatar vs Senegal: Tuan Rumah Tak Berdaya, Kalah Telak 1-3

  • Belanda hanya melakukan dua tembakan melawan Ekuador. Itu merupakan jumlah paling sedikit yang pernah dicatatkan negara Eropa dalam satu pertandingan Piala Dunia sejak 1966.
  • Enner Valencia telah mencetak seluruh dari enam gol terakhir Ekuador di Piala Dunia menyamai rekor Eusébio (Portugal 1966), Paolo Rossi (Italia 1982) dan Oleg Salenko (Rusia 1994)
  • Cody Gakpo jadi pemain Belanda kedua yang mencetak gol dalam dua penampilan pertamanya di Piala Dunia, setelah Memphis Depay pada 2014.
  • Jurriën Timber menjadi pemain Timnas Belanda kedua yang tampil di dua turnamen internasional besar (EURO dan Piala Dunia) sebelum ulang tahunnya yang ke-22, setelah Patrick Kluivert (Piala Dunia EURO 1996, 1998).
  • Qatar menjadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022. Mereka mengikuti jejak Afrika Selatan pada 2010 sebagai tuan rumah yang langsung tersingkir di Piala Dunia pada fase grup.

Load More