Husna Rahmayunita
Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Gelaran Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar diwarnai dengan torehan impresif dari tim negara Asia. Sejauh ini, sudah ada dua wakil Asia yang tampil mengejutkan dengan mengalahkan tim kuat yakni Jepang dan Arab Saudi.

Secara tak terduga, wakil Asia menunjukkan dominansinya di laga pembuka fase grup. Sempat tertinggal lebih dulu, Jepang dan Arab Saudi mampu membalikkan keadaan saat menghadapi rivalnya.

Kemenangan Jepang atas Jerman, serta Arab Saudi atas Argentina memberikan harapan untuk wakil-wakil Asia membuat gebrakan di sejarah Piala Dunia

Hingga kekinian, meski menguasai populasi dunia, belum ada negara Asia yang berhasil menjadi finalis apalagi memenangkan satu pun Piala Dunia.

Pasalnya, Piala Dunia selalu dikuasai oleh tim raksasa dari negara-negara Eropa dan Amerika Latin. Kendati demikian, sejumlah wakil Asia sempat mengalahkan tim-tim raksasa.

Simak riwayat kemenangan mengejutkan wakil Asia di Piala Dunia 2022 berikut ini.

1. Arab Saudi Bungkam Argentina 1-2

Gelandang Arab Saudi, Salem Al-Dawsari, berebut bola dengan Lionel Messi selama pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 melawan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Utara Doha pada November 22, 2022. (AFP/Kirill Kudryactsev)

Kejutan Piala Dunia 2022 terjadi di pertandingan Argentina vs Arab Saudi pada Selasa (22/11/2022). Argentina yang difavoritkan menjadi juara kalah 1-2 dari Arab Saudi

Sejatinnya Argentina memimpin terlebih dahulu lewat eksekusi penalti Lionel Messi. Selain itu Argentina juga mencetak tiga gol namun dianulir wasit. Namun kemudian Arab Saudi sukses membalikkan keadaan di babak kedua lewat Gol Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari yang memastikan kemenangan 2-1 untuk wakil Asia.

2. Jepang Kalahkan Jerman 2-1

Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Jepang mengikuti jejak Arab Saudi yang membuat kejutan dengan mengalahkan tim raksasa Jerman di Piala Dunia 2022. Di babak pertama, Jerman berada di atas angin setelah Ilkay Gundogan mencetak gol dari titik penalti di babak pertama. 

Tapi kemudian Jepang membalikkan keadaan berkat gol Ritsu Doan dan Takuma Asano. Dua gol itu membuat Jepang mengakhiri laga dengan skor 2-1. Kemenangan itu menjadi sejarah tersendiri karena untuk kali pertama menang atas Jerman.

(Suara.com/Trias Romadoni)

Load More