Husna Rahmayunita
Skuad Belanda merayakan selebrasi gol usai menjebol Senegal di Piala Dunia 2022. (OZAN KOSE / AFP)

Bolatimes.com - Kapten Tim Belanda Virgil van Dijk mengungkap kekurangan skuadnya usai susah payah mengalagkan Senegal di laga Grup A Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) malam WIB. Belanda menang 2-0 tapi kemenangan tersebut didapat dengan penuh perjuangan.

Dua gol Timnas Belanda dipersembahkan oleh Cody Gakpo dan Davy Klaassen jelanga akhir laga. Virgil van Dijk mengakui De Oranje perlu melakukan perbaikan khususnya saat menghadapi serangan lawan.

"Kami menang tetapi kami juga sadar bahwa kami dapat dan harus melakukan lebih baik," kata Van Dijk.

"Di depan kami terkadang mencoba memaksakan sesuatu, dan kami terlalu sering membiarkan diri kami terkena serangan balik Senegal," katanya kepada penyiaran Belanda NOS, seperti dikutip AFP.

“Itu adalah area yang perlu kami perbaiki karena itu adalah seni yang sangat bagus untuk lawan kami berikutnya, Ekuador.

"Tapi saya optimis karena saya merasa kami akan menjadi lebih baik."

Timnas Belanda memiliki tiga poin yang sama di Grup A dengan tim Ekuador yang mengalahkan tuan rumah Qatar 2-0 dalam pertandingan pembukaan turnamen pada hari Minggu.

Bintang Liverpool Van Dijk melakukan debutnya di turnamen besar pada kesempatan penampilannya yang ke-50, sementara pelatih Belanda Louis van Gaal menyerahkan penampilan pertama di bawah gawang kepada Andries Noppert.

Kiper klub Heerenveen itu unggul dengan serangkaian penyelamatan di babak kedua, di antara serangan tendangan setengah voli Idrissa Gana Gueye.

"Itu adalah impian masa kecil saya untuk bermain di Piala Dunia, tetapi saya tidak pernah berpikir itu mungkin," kata Noppert kepada NOS.

“Sungguh istimewa ketika pelatih penjaga gawang Frans Hoek mengatakan kepada saya Jumat bahwa saya akan bermain.

"Semakin dekat pertandingan, semakin saya tegang, tapi itu adalah ketegangan yang sehat.

"Bahkan di sepak bola klub saya belum pernah bermain di level internasional, tetapi Anda harus memulainya suatu hari nanti," pungkasnya.

(Antara)

Load More