Rauhanda Riyantama
Ghanim Al-Muftah bersama aktor Morgan Freeman saat pembukaan Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Ghanim Al-Muftah yang melantungkan ayat suci Al-Quran pada opening ceremony alias upacara pembuka Piala Dunia 2022 menjadi salah satu sosok yang paling mencuri perhatian.

Pada acara pembukaan Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022) malam hari WIB, Ghanim Al-Muftah beradu akting dengan pemeran ternama, Morgan Freeman.

Adegan yang melibatkan Ghanim Al-Muftah dengan Morgan Freeman ini memang jadi salah satu fragmen yang menarik karena pemuda penyandang disabilitas itu melantunkan ayat suci Al-Quran.

Baca Juga:
Mendadak Posting Skuad Timnas Indonesia U-20, FC Utrecht Dirayu Netizen

Dia membaca surat Al Hujarat ayat 13 yang berbunyi, "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.”

Lalu, sebenarnya siapakah sosok Ghanim Al-Muftah yang juga ditunjuk sebagai duta atau brand ambassador Piala Dunia 2022 di Qatar tersebut?

Sebagai informasi, Ghanim Al-Muftah merupakan YouTuber terkenal asal Qatar yang cukup menginspirasi karena semangatnya sebagai penyandang disabilitas.

Baca Juga:
Profil Enner Valencia, Striker Timnas Ekuador yang Cetak Gol Perdana di Piala Dunia 2022

Ghanim Al-Muftah, penyandang disabilitas yang jadi pembuka Piala Dunia 2022. (Twitter)

Sejak lahir pada 5 Mei 2022, Ghanim diketahui terlahir dengan kondisi langka yang dalam dunia medis dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome (CDS). Hal inilah yang membuatnya terlahir tanpa bagian tubuh bawah dan kaki.

Bisa dibilang, kondisi yang dialami pemuda berusia 20 tahun itu cukup langka di dunia. Meskipun demikian, keterbatasan itu tak lantas membuat Ghanim terpuruk.

Buktinya, dia tetap memiliki semangat yang luar biasa untuk terus berkarya dan menyebarkan inspirasi kepada banyak orang melalui aktivitasnya.

Baca Juga:
Mantan Bos Inter Milan Ungkap Tim Kuat di Piala Dunia 2022, Bukan Timnas Spanyol?

Hal itu terbukti dengan statusnya sebagai penulis dan pebisnis. Di dunia bisnis, Ghanim diketahui memiliki usaha  Gharissa Ice Cream, perusahaan yang sudah memiliki enam cabang.

Tak hanya itu saja, di tengah keterbatasan fisiknya tersebut, dia juga dikenal senang melakukan berbagai aktivitas olahraga yang terhitung ekstrem.

Selain sepak bola, Ghanim juga diketahui pernah melakukan renang, scuba diving, skateboard, dan panjat tebing.

Baca Juga:
5 Pemain Bintang yang Pernah Dicoret dari Skuat Piala Dunia, Ada Diego Maradona

Saat ini, pemuda yang sudah memiliki pengikut sebanyak 3,1 juta di akun Instagramnya dan 816 ribu subscribers di kanal YouTube-nya itu tengah menimba ilmu di jurusan ilmu politik.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More