Rauhanda Riyantama
Aksi gelandang Timnas Qatar, Karim Boudiaf saat lawan Ekuador di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Qatar memulai perjalanan pertama mereka di Piala Dunia 2022 dengan hasil mengecewakan. Qatar sebagai tuan rumah, dihempaskan Ekuador.

Pada laga pembuka Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022) malam WIB itu, Qatar menyerah dengan skor 0-2.

Pada pertandingan perdana ini, pemain Ekuador, Enner Valencia, berhasil memborong dua gol dan membuat skuad berjuluk La Tricolor unggul 2-0 atas tim tuan rumah.

Baca Juga:
Profil Enner Valencia, Striker Timnas Ekuador yang Cetak Gol Perdana di Piala Dunia 2022

Enner Valencia membuka keunggulan pada menit ke-16 melalui eksekusi penalti. Dan di menit ke-31, ia kembali mencetak gol melalui tandukan.

Sejak awal laga, Ekuador sudah menunjukkan permainan agresif dibandingkan Qatar. Bahkan, laga baru berjalan tiga menit, Valencia sebetulnya sudah mampu mencetak gol.

Namun gol itu dianulir gegara dianggap dalam posisi offside setelah Tim VAR meninjau ulang prosesi gol tersebut. Meski dianulir, Ekuador terus menggempur Qatar hingga akhirnya bisa menyarangkan dua gol.

Baca Juga:
Mantan Bos Inter Milan Ungkap Tim Kuat di Piala Dunia 2022, Bukan Timnas Spanyol?

Dengan kekalahan ini, sederet rekor buruk ditorehkan Qatar di Piala Dunia. Berikut ulasannya!

1. Tuan Rumah Pertama yang Kalah di Laga Pembuka

Menurut data Opta, Qatar menjadi tim pertama yang kalah dalam pertandingan pertama sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Baca Juga:
5 Pemain Bintang yang Pernah Dicoret dari Skuat Piala Dunia, Ada Diego Maradona

Selain itu, hanya ada 11 tembakan dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 ini, dengan rincian Qatar lima kali dan Ekuador enam kali. Ini jadi laga pembuka tanpa rekor pertandingan sejak Piala Dunia edisi 1966.

2. Pertama Sejak 92 Tahun

Sebaliknya buat Ekuador, mereka menjadi tim pertama dalam 92 tahun sejarah Piala Dunia yang mampu mengalahkan tuan rumah di laga pembuka.

Baca Juga:
Keok di Laga Pembuka, Timnas Qatar Nodai Rekor 92 Tahun Piala Dunia

Jelas ini bukan rekor yang bagus buat Qatar sebagai tuan rumah, terlebih diharapkan mereka dapat berbuat lebih jauh dari ini.

Terlepas dari rekor buruk ini, Qatar diharapkan dapat bangkit di laga-laga selanjutnya. Qatar dijadwalkan menghadapi Senegal pada Jumat (25/11) pukul 20.00 WIB.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More