Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Qatar usai kalah 0-2 dari Ekuador di matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 yang digelar di Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11/2022) malam. (AFP/Karim Jaafar)

Bolatimes.com - Timnas Qatar menorehkan catatan kelam usai kalah dengan skor 0-2 dari Ekuador di laga pembuka Piala Dunia 2022, Minggu (20/11/2022) malam WIB. Ini menjadi kali pertama tuan rumah kalah di laga perdana selama 92 tahun penyelenggaraan Piala Dunia.

Pertandingan Qatar versus Ekuador disaksikan penonton yang memadati Stadion Al Bayt. Sayangnya performa tuan rumah di pertandingan pembuka tak sejalan dengan acara upacara pembukaan Piala Dunia yang begitu mewah.

Pada laga semalam, Ekuador sempat mengira telah mencetak gol yang indah ketika membungkam pendukung tuan rumah saat sundulan Enner Valencia berbuah gol. Tetapi gol ini dianulir oleh VAR karena offside.

Valencia memecah kebuntuan dengan penalti pada menit ke-16 dan menggandakan golnya tepat setelah setengah jam pertandingan.

Qatar sedikit membaik pada babak kedua. Tetapi, Ekuador benar-benar mengekspos status debutan Piala Dunia yang disandang Qatar yang tak satu pun menciptakan peluang emas.

Atas kekalahan ini, Tim asuhan Felix Sanchez itu membutuhkan hasil positif dalam laga kedua Grup A melawan Senegal pada Jumat.

Qatar berusaha menghindari menjadi tuan rumah kedua setelah Afrika Selatan pada 2010 yang tersingkir pada fase grup.

Dalam 92 tahun sejarah Piala Dunia tuan rumah tak pernah bisa dikalahkan dalam laga pembuka, masing-masing 16 kali menang dan enam kali berakhir seri. Rekor itu tercoremg usai Qatar kalah dari Ekuador.

Pahlawan kesuksesan Qatar dalam Piala Asia 2019, Almoez Ali seharusnya bisa membalaskan satu gol menjelang turun minum tetapi sundulannya melenceng dari gawang.

Ekuador membiarkan Qatar agak lebih mendominasi penguasaan bola setelah turun minum tetapi tetap menjadi tim yang lebih berbahaya.

Valencia terlihat cedera sehingga ditarik keluar lapangan pada menit ke-77. Walau begitu, tim tamu sudah mengunci kemenangan dengan dua gol demikian AFP via Antara 

Load More