Rauhanda Riyantama
Penampakan Al Rihla, bola resmi untuk Piala Dunia 2022. [MOHAMED ALI ABDELWAHID / FIFA / AFP]

Bolatimes.com - Berikut ulasan seputar fakta menarik bola Piala Dunia 2022 yang diberi nama Al Rihla. Salah satunya, bola ini ternyata diproduksi di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia 2022 akan dimulai pada Minggu, 20 November. Adalah pertandingan antara Qatar vs Ekuador yang jadi pertandingan pembuka.

1. Diproduksi Indonesia

Baca Juga:
Muhammad Ferrari Ungkap Masalah Timnas Indonesia U-20 Selama TC Di Turki

Perusahaan ini mendapat kontrak untuk memproduksi 50 ribu bola Al Rihla. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Adidas mempercayakan Global Way Indonesia di Madiun untuk memproduksi bola yang bakalan ditendang oleh bintang-bintang sepak bola dunia. Keren kan?" tulis Khofifah melalui akun Instagramnya.

Baca Juga:
Negaranya Tak Lolos Piala Dunia 2022, Erling Haaland Jagokan Tim Ini yang Jadi Juara

2. Arti Al Rihla

Al Rihla adalah bola Piala Dunia ke-14 yang diciptakan Adidas untuk FIFA World Cup. Diberi nama Al Rihla, karena kata bahasa Arab itu berarti "perjalanan".

Dikutip dari situs FIFA, pengambilan kata Al Rihla ini terinspirasi oleh budaya, arsitektur, perahu ikonik, dan bendera Qatar.

Baca Juga:
Kapten Timnas Indonesia U-20 Ungkap Kendala Jelang Laga Lawan Prancis U-20 di Spanyol

3. Desain Bola Piala Dunia 2022

Desainnya tampak berani. Al Rihla punya warna-warna cerah dengan latar belakang pearlescent mewakili negara tuan rumah Piala Dunia FIFA.

Baca Juga:
Mau Nonton Piala Dunia 2022 di Qatar? Segini Biaya yang Harus Disiapkan dari Tiket Pesawat hingga Makan

Warna merah, kuning, dan biru pada bola Piala Dunia ini membentuk pola perahu Dhow, sebuah perahu tradisional di Qatar. Kapal yang sering digunakan membawa barang-barang berat ini juga identik dengan ketiga warna tersebut

4. Kelebihan Al Rihla

Al Rihla menggunakan teknologi canggih dalam proses produksinya dan di bawah pengawasan yang ketat. Percaya atau tidak, tinta dan lem yang digunakan pada bola ini berbahan air sehingga ramah lingkungan.

Dua teknologi canggih yang digunakan ialah teknologi CTR Core dan Speedshell. Kolaborasi dari dua teknologi ini diklaim mampu menciptakan bola dengan akurasi tembakan yang tepat.

5. Harga Al Rihla

Dikutip dari situs Adidas, harga Al Rihla dijual paling murah mulai $14 (Rp 219.000). Ini untuk tipe bola mini yang digunakan bermain anak-anak.

Berikut rincian harga bola Piala Dunia 2022

  • Al Rihla Pro Ball: $165 (Rp 2.573.991)
  • Al Rihla Mexico Mini Ball: $14 (Rp 219.000)
  • Al Rihla League Ball: $45 (Rp 701.997)
  • Al Rihla Training Ball: $30 (Rp 467.998)
  • Al Rihla Pro Sala Ball: $60 (Rp 935.997)
  • Al Rihla Pro Winter Ball: $165 (Rp 2.573.991)
  • Al Rihla Club Ball: $20 (Rp 311.999)

Apakah kalian tertarik memiliki bola Piala Dunia 2022? Pastikan anda membeli produk yang asli sehingga secara langsung membuktikan cinta produk Indonesia.

Load More