Husna Rahmayunita
Ikhsan Fandi jebol gawang timnas Indonesia. (Instagram/ikhsanfandi)

Bolatimes.com - Sederet pemain keturunan dipanggil Timnas Singapura untuk berlaga di Piala AFF 2022, empat di antaranya memiliki darah Indonesia.

Piala AFF bukan ajang yang asing bagi Singapura, negara ini pernah meraih gelar juara lewat sistem naturalisasi yang diterapkan.

Saat itu para pemain naturalisasi berhasil membawa Singapura meraih gelar juara Piala AFF, kini keadaan berbanding terbalik.

Bukan lagi pemain naturalisasi, tapi pemain keturunan itu pun dengan garis darah yang berasal dari Indonesia, setidaknya ada empat pemain.

Di mana ketiganya masih terikat saudara, di antaranya Irfan fandi, Ikshan Fandi dan Ilhan Fandi, ketiganya merupakan putra dari legenda Singapura, Fandi Ahmad.

Sementara satu pemain keturunan Indonesia lain adalah Taufik Suparno, pria berusia 26 tahun dengan ayah yang berasal dari Indonesia dan ibunya warga Singapura asli.

Debut Taufik untuk timnas Singapura terjadi pada 2015 silam, hingga kini keempat pemain tersebut masih menjadi andalan hingga Piala AFF 2022.

Kekuatan Singapura di Piala AFF 2022 tak hanya berasal dari pemain keturunan asal Indonesia, tetapi juga beberapa pemain lain.

Pemain timnas Indonesia Alberto Goncalves (kanan) berebut bola dengan pemain timnas Singapura Irfan Fandi Ahmad dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Termasuk Faris Ramli, pemain yang kena ejek Asnawi Mangkualam usai gagal mengonversi penalti menjadi gol di semifinal Piala AFF 2022.

Kemudian Hassan Sunny, kiper kawakan yang juga pernah menyulitkan timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dengan aksi memukaunya.

Piala AFF 2022 mulai digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 dengan menerapkan sistem kandang-tandang mulai dari fase grup.

Singapura memiliki kesempatan besar lolos ke babak semifinal turnamen usai tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Myanmar dan Laos.

Setidaknya negara ini terhindar dari kesempatan bertemu Thailand dan Indonesia yang mengisi Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam dan Filipina.

Kontributor: Eko
Load More