Husna Rahmayunita
Eks kiper Timnas Paraguay Jose Luis Chilavert. (AFP/Mariano Sanchez)

Bolatimes.com - Timnas Paraguay pernah memiliki seorang kiper yang nyaris mencetak gol dan menciptakan rekor di Piala Dunia 1998, Jose Luis Chilavert.

Namanya menjadi kebanggaan masyarakat Paraguay, karena memang hal itu berbanding lurus dengan kualitas dan prestasi yang ditorehkan Jose Luis Chilavert.

Meski berposisi sebagai kiper, Jose Luis Chilavert juga merupakan pemain yang sering mencetak gol dalam 74 pertandingan untuk timnas Paragua.

Torehan 8 gol berhasil dicetaknya saat masih berseragam Real Zaragoza, Chilavert nyaris mencetak gol untuk timnas Paraguay.

Tepatnya di babak penyisihan grup Piala Dunia 1998 dalam duel Paraguay melawan Bulgaria, menit ke-72 menjadi kesempatannya mencetak gol.

Sayangnya eksekusi tendangan bebas yang dilakukan Chilavert hanya membuat bola menyentuh mistar gawang lawan, enam tahun setelahnya ia memutuskan pensiun.

Meski begitu nama Chilavert akan selalu terkenang bagi penggemar sepak bola Paraguay, hingga kecintaan masyarakat negaranya membuat sang kiper terjun ke dunia politik.

Keputusan ini diambil Chilavert di tahun 2004, setelah satu dekade lebih berkecimpung di dunia politik, langkah besar kembali diambilnya.

Chilavert memutuskan maju sebagai calon di pemilihan presiden Paraguay medio 2023-2028, sekaligus menjadi penantang petahana, Mario Abdo Benitez.

Keputusan ini bukan sembarang diambil Chilavert, visi misi yang diusungnya juga tidak main-main, yakni untuk memberantas kasus korupsi.

Sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan Chilavert saat masih aktif menjadi pesepak bola, ia dikenal sebagai pemain yang gemar mengkritik pemerintahan Paraguay.

Bahkan sikapnya itu membuat Chilavert sempat menjadi target pembunuhan, sifat emosional Chilavert yang juga membuat Diego Maradona dan Faustino Asprilla terkena hantamannya.

Salah satu hal yang paling dikenal dan menjadi sikap cukup berani dari Chilavert adalah penolakan penyelenggaran Copa Amerika 1999 di Paraguay.

Menurutnya agenda itu hanya membuat Paraguay boros dalam mengeluarkan uang dan menyarankan anggaran dipakai untuk keperluan lain yang berkaitan dengan masyarakat.

Profil Jose Luis Chilavert

Nama Lengkap: Jose Luis Felix Chilavert Gonzales
Tanggal lahir / Umur: 27 Jul 1965 (57)
Tempat kelahiran: Luque, Paraguay
Kewarganegaraan: Paraguay
Tinggi: 1,88 m
Posisi: Kiper
Mantan pemain internasional: Paraguay
Jumlah penampilan / Gol: 74 / 8

Karier Klub

1980 (Luqueno)
1984 (Luqueno - Guarani)
1985 (Guarani - San Lorenzo)
1988 (San Lorenzo - Real Zaragoza)
1991 (Real Zaragoza - Velez Sarsfield)
2000 (Velez Sarslfield - R Strasbourg)
2002 (R Strasbourg - Penarol)
2004 (Penarol - Velez Sarsfield)

Kontributor: Eko
Load More