Husna Rahmayunita
Skuat Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 (Sumber: AFC)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki riwayat bertanding mentereng melawan kontestan Piala Dunia 2022 Qatar. Sejumlah peserta Piala Dunia pernah dikalahkan Timnas Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir Timnas Indonesi hanya berkutat di kompetisi ASEAN, itupun gagal menjadi juara di Piala AFF 2020.

Angin segar baru datang saat Timnas Indonesia memastikan berlaga di Piala Asia 2023 Uzbekistan, kesempatan mengembalikan pamor mentereng di masa lalu.

Ya benar, Timnas Indonesia bukanlah tim remeh temeh dan menjadi salah satu Macan Asia pada jamannya bahkan tim kelas Piala Dunia sempat dipecundangi.

Singkatnya, ada setidaknya 3 tim kontestan Piala Dunia 2022 Qatar yang pernah dibuat malu Timnas Indonesia dalam pertandingan resmi.

Tak mengejutkan memang, yang perlu diketahui negara mana saja yang pernah digulung timnas Indonesia? tentu ini menjadi pertanyaan besar dan berikut jawabanya.

1. Jepang

Statusnya sebagai negara terkuat Asia di bawah Iran, berdasarkan ranking terbaru yang dikeluarkan FIFA, namun Jepang punya riwayat buruk saat jumpa Indonesia.

Tak hanya menang, timnas Indonesia bahkan tanpa ampun menggilas Jepang di turnamen resmi, salah satunya Asian Games 1954.

Saat itu timnas Indonesia sukses menggulung Jepang dengan skor 5-3, kemenangan paling sensasional tercipta pada Turnamen Merdeka 1968.

Saat itu Jepang digulung 0-7 oleh timnas Indonesia, kemudian di tahun 1981 dalam laga persahabatan Timnas Indonesia mengalahkan Jepang dengan skor 2-0.

2. Maroko

Pertemuan Timnas Indonesia melawan Maroko terjadi di tahun 2013, tepatnya pada fase grup Islamic Solidarity Games yang digelar di Palembang.

Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Rahmad Darmawan sukses memetik kemenangan dengan skor 1-0 yang diciptakan Fandi Eko Utomo.

Kedua tim kembali berjumpa di babak perebutan medali perunggu, sayangnya timnas Indonesia harus kalah dengan skor 1-2.

3. Uruguay

Uruguay merupakan tim kuat di Piala Dunia, bahkan tercatat sebagai pemilik 2 gelar Piala Dunia pada 1930 dan 1950.

Tapi dalam laga uji coba resmi yang berlangsung pada 21 April 1974, Uruguay harus mengakui keunggulan Timnas Indonesia.

Ronny Pasla, Ronny Pattynasarani, Abdul Kadir dkk berhasil membuat Timnas Indonesia unggul atas Uruguay dengan skor 2-1.

Meskipun kekalahan itu bisa dibalas pada 2010, timnas Indoensia kalah dengan skor 1-7 dari Uruguay yang saat itu diperkuat Luis Suarez dan Edinson Cavani.

Kontributor: Eko
Load More