Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Kamerun Samuel Oum Gouet. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Bolatimes.com - Rekan satu tim Sandy Walsh di KV Mechelen, Samuel Oum Gouet bakal berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar membela Timnas Kamerun

Samuel Oum Gouet menjadi salah satu dari 26 pemain yang dipanggil skuad Timnas Kamerun untuk berlaga di Piala Dunia 2022.

Namanya mungkin tersisih karena tak terlalu mentereng ketimbang Eric Maxim Choupo-Mouting dan Andre Onana, namun Samuel Oum Gouet punya hal menarik tersendiri.

Pemain berusia 24 tahun ini bakal menjadi andalan di lini serang Kamerun di Piala Dunia Qatar, bersaing dengan sederet nama-nama mentereng.

Termasuk Zambo Anguissa dari Napoli dan Martin Hongla dari Hellas Verona, usianya masih muda namun Samuel Oum Gouet menjadi prospek cerah Kamerun.

Di level klub, Samuel Oum Gouet memiliki nilai jual yang cukup mahal hingga Rp22,6 miliar, meskipun masih berada di bawah nilai jual Sandy Walsh.

Ya, Samuel Gouet merupakan rekan setim Sandy Walsh di skuad KV Mechelen yang berlaga di Jupiler Pro League, kompetisi kasta teratas sepak bola Belgia.

Meski begitu, keberuntungan Gouet lebih besar ketimbang Sandy Walsh yang sama-sama bakal berlaga di turnamen besar di akhir tahun ini.

Sandy Walsh diprediksi bakal bermain di Piala AFF 2022 bersama timnas Indonesia, turnamen besar sepak bola di level Asia Tenggara.

Sementara Gouet bermain di Piala Dunia 2022 bersama Kamerun, tergabung di Grup G bersama Brasil, Swiss dan Serbia.

Profil Samuel Oum Gouet

Pemain berkebangsaan Kamerun bernama lengkap Samuel Yves Oum Gouet, kelahiran Ayor pada 14 Desember 1997 yang saat ini bermain di Liga Belgia.

Samuel Gouet bisa menempati beberapa posisi, mulai dari gelandang bertahan dan gelandang tengah tetapi juga bisa bermain di posisi bek tengah.

Mengawali karier sepak bola bersama Apejes FC, pada 2017 ia hijrah ke SCR Altach dan bermain di tempat tersebut selama kurang lebih empat tahun.

Barulah pada 2021, Samuel Gouet bergabung dengan klub yang dibela Sandy Walsh, KV Mechelen pada 2021 dan saat ini sudah mencatat 34 laga dengan torehan satu assist.

Di skuad timnas Kamerun, Samuel Gouet merupakan pemain langganan yang sudah membela tim sejak di kelompok U-20 dengan tiga caps.

Kemudian naik ke skuad U-23 dan pada 2016 Gouet berhasil menempatkan satu namanya di skuad senior timnas Kamerun.

Hingga saat ini Samuel Gouet sudah menorehkan 21 penampilan di timnas Kamerun, Piala Dunia 2022 Qatar menjadi ajang besar pertama yang bakal dijalaninya.

Biodata Singkat

Nama Lengkap: Samuel Yves Oum Gouet
Tanggal lahir / Umur: 14 Des 1997 (24)
Tempat kelahiran: Ayos, Kamerun
Kewarganegaraan: Kamerun
Tinggi: 1,85 m
Posisi: Gel. Bertahan
Pemain Interasional saat ini: Kamerun
Jumlah penampilan / Gol: 21 / 0

Karier Klub

2017 (Apejes FC - SCR Altach)
2021 (SCR Altach - KV Mechelen)

Kontributor: Eko
Load More