Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Jerman Mario Gotze. (Shutterstock)

Bolatimes.com - Kejutan hadir dalam susunan skuad Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2022. Ada nama lawas yang sebetulnya sudah lama absen, yaitu Mario Gotze.

Pemain berusia 30 tahun tersebut kembali ke skuad Der Panzer setelah absen lima tahun lamanya. Jika menarik mundur, Mario Gotze adalah pahlawan Jerman di Piala Dunia 2014.

Saat itu, Mario Gotze muda mencetak gol penentu kemenangan Jerman atas Argentina di partai final sehingga Jerman sukses meraih gelar Piala Dunia 2014 yang sekaligus menjadi gelar keempat Jerman sepanjang sejarah.

Sang pemain tidak pernah dipanggil ke timnas sejak 2017, tapi ia kini mendapatkan peluang baru menyusul performa impresif sejak bergabung dengan Eintracht Frankfurt musim panas lalu.

Mario Gotze sukses membawa Frankfurt nangkring di peringkat keempat klasemen Liga Jerman dan membawa timnya lolos hingga fase gugur Liga Champions musim ini.

Meski dipanggil lagi, tak ada jaminan Gotze bakal jadi strater. Dia harus bersaing dengan nama-nama beken di lini tengah seperti Leon Goretzka, Julian Brandt, Joshua Kimmich, Kai Havertz, Thomas Muller, hingga Jamal Musiala.

Lantas, seperti apa sepak terjang Mario Gotze sesungguhnya? Berikut ulasan profilnya!

Profil Mario Gotze

Gelandang serang Eintracht Frankfurt, Mario Gotze. [DANIEL ROLAND / AFP]

Mario Gotze merupakan pesepak bola kelahiran Memmingen, Jerman, pada 3 Juni 1992. Dia sudah memulai karier sepak bola sejak menimba ilmu di SC Ronsberg pada 1995-1998.

Sempat pindah ke FC Eintracht Hombruch, Mario Gotze menjadi produk akademi Borussia Dortmund setelah menimba ilmu di sana dari 2001-2009.

Mario Gotze promosi ke tim utama Dortmund di tahun 2009 dan melakoni debutnya di Liga Jerman pada November 2009. Pada musim 2009/10, dia cuma tampil lima kali.

Setelah musim pertama yang menjanjikan, dia mendapat tempat reguler di Dortmund dan membawa timnya menjadi kampiun Liga Jerman 2010/11 dan 2011/12.

Gotze sempat pindah ke Bayern Munchen di musim 2013/14 hingga 2015/16. Selama tiga musim, dia mencetak 36 gol dari 114 laga dengan meraih berbagai gelar termasuk Liga Jerman, DFB-Pokal, Piala Super UEFA, hingga Piala Dunia Antarklub.

Lalu, pulang lagi ke Dortmund pada musim 2016/17, tapi performanya dinilai tidak semenawan periode pertamanya. Gotze akhirnya dilepas ke PSV Eindhoven pada 2020/21. Dia bermain dua musim di Belanda.

Sempat dianggap telah habis, Mario Gotze bangkit dan akhirnya direkrut Eintracht Frankfurt musim panas ini. Dia sudah melakoni 21 pertandingan dengan catatan 2 gol dan 3 assist.

Di level tim nasional, Mario Gotze sudah membela Jerman sejak kelompok usia U-15 hingga timnas senior Jerman. Trofi bergengsi yang diraihnya di level internasional adalah Euro U-17 2009 dan Piala Dunia 2014.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More