Selasa, 07 Februari 2023
Husna Rahmayunita : Jum'at, 11 November 2022 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Pria Spanyol bernama Jesus Gil Manzano dikenal sebagai wasit kejam. Kartu merahnya kembali memakan pemain bintang di kancah Liga Spanyol 2022-2023.

Kemenangan Barcelona atas Osasuna pada Rabu (9/11/2022) dalam lanjutan Liga Spanyol musim ini, tak tanggung-tanggung dua pemain bintang sekaligus jadi korban.

Barcelona dipaksa menelan pil pahit setelah Robert Lewandowski dan Gerard Pique diganjar kartu merah oleh sang pengadil, tak lain dan tak bukan Jesus Gil Manzano.

Lewandowski dipaksa keluar lapangan lebih cepat, usai mendapat kartu kuning kedua di pertengahan babak pertama, disusul Pique beberapa menit kemudian.

Pique diganjar kartu merah usai dinilai melakukan protes berlebihan, dan di laga tersebut Manzano total mengeluarkan 6 kartu termasuk dua untuk pemain Barcelona.

Striker Barcelona Robert Lewandowski dikartu merah saat lawan Osasuna, Selasa (8/11/2022). (AFP/Cesar Manso)

Mengganjar pemain dengan kartu kuning dan merah sudah jadi kebiasaan Manzano sejak masih berkarier di Segunda Division pada 2012 lalu.

Bahkan promosinya ke kasta teratas Liga Spanyol juga berkat ketegasannya dalam mengeluarkan keputusan tegas, sederet bintang pun pernah merasakan tangan dinginnya.

Lionel Messi

Final Supercopa de Espana 2021, mempertemukan Barcelona dengan Athletic Bilbao untuk pertama kalinya setelah 753 laga Messi mendapatkan kartu merah.

Gil Manzano sebenarnya tidak melihat langsung insiden pemukulan Asier Villalbre oleh Messi, namun karena VAR ia pun mengoreksi keputusannya.

Messi diganjar kartu merah, lebih pahitnya lagi ditambah dengan kekalahan Barca dari Bilbao dengan skor 2-3.

Neymar Jr

Musim 2016-2017, Gil Manzano menunjukkan ketegasannya untuk seorang bintang Barcelona, Neymar Jr yang bersilisih dengan Diego Llrorente.

Tepat sebelum Barcelona menelan kekalahan dari Malaga du La Rosaleda dengan skor 2-0, keputusan yang tak bisa ditolerir.

Luis Suarez

Pada musim yang sama, Luis Suarez juga masuk ke dalam daftar korban keganasan Gil Manzano tepatnya pada semifnal Copa del Rey antara Barcelona melawan Atletico Madrid.

Bintang Uruguay diganjar kartu merah usai mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran kepada Juanfran Torres.

Diikuti dengan aksinya memukul Koke saat berada dalam perebutan bola atas, Gil Manzano pun tak mentolerir sikap Suarez.

Kontributor: Eko

BACA SELANJUTNYA

Berkarier ke Luar Negeri, Marselino Ferdinan Disandingkan dengan Dua GOAT